Jayapura (ANTARA) - Direktorat Binmas Polda Papua menggelar bakti sosial Polri peduli dampak COVID-19 berupa pembagian sembako di Panti Asuhan Roadatul Jannah Yayasan Al Hidayah Abepura dan Pondok Pesantren (Ponpes) Da'rul Ma'rif Numbay Abepura, Kota Jayapura, Jumat siang.

"Pembagian sembako ini dalam rangka gerakan Bakti Sosial Polri Peduli Dampak Covid 19 Polda Papua," kata Direktur Binmas Polda Papua Kombes Pol Muhammad Nasihin bersama personelnya yang tergabung dalam Satgas Aman Nusa II Polda Papua di Kota Jayapura, Jumat malam.

Menurut dia, jumlah paket sembako yang telah distribusikan oleh Polda Papua kurang lebih 3.000 paket yang dilakukan secara maraton.

"Paket sembako kami berikan ke berbagai elemen masyarakat, mulai dari Ormas-ormas, para tokoh, masyarakat, panti asuhan serta pesantren yang ada di Kota Jayapura," katanya tanpa menyebutkan jumlah paket sembako yang diberikan kepada panti asuhan dan ponpes tersebut.

Dengan jumlah personel Direktorat Binmas Polda Papua sebanyak 30 orang, Nasihin mengatakan pihaknya menyusuri satu tempat ke tempat yang lainnya guna membagikan sembako.

"Sehingga untuk saudara-saudara kita yang memang membutuhkan bantuan bisa cepat menerima, terkhusus di Wilayah Kota Jayapura, dan Kabupaten Keerom.
Besok kita akan salurkan ke beberapa gereja dan Panti Asuhan, kami utus personel Binmas untuk mendata berapa orang yang membutuhkan," katanya.

Ia juga berharap masyarakat tetap berada di rumah mulai dari 22 Mei hingga 4 Juni 2020, dan selalu memakai masker ketika terdesak harus ke luar rumah, cuci tangan, dan kemudian jaga jarak.

Sementara itu, Ketua Pengurus Panti Asuhan Roadatul Jannah Yayasan Al Hidayah Abepura, Nur Aini menyampaikan terima kasih atas kunjungan personel Polda Papua dan memberikan bantuan sembako.

"Mudah-mudahan apa yang telah diberikan hari ini kepada anak-anak kami disini Insya Allah sangat bermanfaat, sekali lagi kami ucapkan terima kasih banyak dan ini merupakan kunjungan bukan yang pertama kali akan tetapi sering sekali," katanya.

Di panti asuhan ini, kata dia, ada sekitar 45 anak yang dididik dan juga bekerja sama dengan Dinas Sosial Provinsi Papua maupun Dinas Sosial Kota Jayapura.

Sedangkan Ustad Salman pengasuh Pondok Pesantren Darul Ma' rif Numbay Abepura mengaku berterima kasih atas bantuan sembako yang diberikan oleh Polda Papua.

"Saya atas nama pribadi mewakili seluruh pengurus yayasan dan pondok pesantren mengapresiasi kunjungan dari Polda Papua dalam rangka peduli dengan COVID-19.

Jumlah santri dari tingkat TK hingga SMA sekitar 670 orang, yang tinggal di pondok asrama sebanyak 107 orang, hanya karena saat ini sedang terjadi pandemi corona sehingga kami pulangkan ke rumah masing-masing untuk isolasi di rumah masing-masing." ujarnya.

"Insya Allah tanggal 1 Juli 2020 mereka sudah masuk kembali dan semoga wabah ini bisa segera berakhir, sehingga semua bisa terlaksana sesuai rencana," katanya.
 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024