Jayapura (ANTARA) - Babinsa Yapen Selatan Kodim 1709/Yawa bersama kelompok tani Ketuapi distrik Anotaurei melakukan panen perdana sayuran untuk mendukung program swasembada pangan di tengah pandemi COVID-19.
 
Babinsa 1709-01/Yapsel Sertu Rustam mengatakan, setelah melakukan pembibitan dan perawatan tanaman sawi putih selama kurun waktu 38 hari.

"Kini kelompok tani Ketuapi bersama Kodim 1709/Yawa dan Wakil Bupati Yapen Kepulauan Frans Sanadi melakukan panen tanaman sayur sawi putih di lokasi pertanian Kampung Ketuapi Distrik Anotaurei Kabupaten Kepulauan Yapen, Jumat (29/5).

Wakil Bupati Yapen Frans Sanadi  menyampaikan apresiasinya kepada kelompok tani Ketuapi, karena masyarakat telah mendukung program swasembada pangan yang telah digalakkan pemerintah.

“Karena dengan cara ini kita dapat memenuhi kebutuhan kita sehari-hari tanpa perlu mendatangkan kebutuhan pangan khususnya sayuran dari daerah lain,"ujar Wakil Bupati Yapen Kepulauan Frans Sanadi.

Sementara itu, Pasiter Kodim 1709/Yawa Kapten Inf Albertus Ansanay memberikan apresiasinya kepada kelompok tani Ketuapi.

“Kami atas nama Kodim 1709/Yawa mengucapkan selamat atas keberhasilan panen sayuran sawi putih yang dilakukan saat ini, karena dengan banyak mengkonsumsi sayuran tentunya imunitas tubuh kita akan selalu terjaga dengan baik dan alhasil kita dapat mencegah penyebaran wabah COVID-19 agar tak mewabah didaerah Serui yang kita cintai,"ungkap Pasiter Kapten Inf Albertus Ansanay melalui Penerangan Korem 173/PVB.

Babinsa Sertu Rustam yang menjadi pendamping kelompok tani Ketuapi mengatakan pelaksanaan panen sayuran sawi putih ini merupakan hasil kerja keras yang dilakukan oleh para warga binaannya.

“Kita patut mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena hari ini kita dapat melakukan panen sayuran dengan kualitas yang baik, sehingga dapat memenuhi kebutuhan sayuran dari para warga ketuapi, serta dapat juga dijual dipasar yang tentunya dapat menambah penghasilan dari anggota kelompok tani,"harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekda Yapen Ir. Alexander Nusi, Kepala Dinas Pertanian Wahyudi, Kepala Kampung Ketuapi Keliopas Wayangkau dan Ketua PKK Ketuapi Amelia Payai beserta ibu-ibu PKK dan warga masyarakat Kampung Ketuapi.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024