Ternate (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Maluku Utara (Malut) membenarkan, istri dan anak Sekretaris Kota (Sekkot) Tidore Kepulauan (Tikep) Asrul Sani Soleman (58 tahun) yang meninggal pada 23 Mei lalu, terkonfirmasi positif COVID-19.

"Memang dua orang terkonfirmasi positif COVID-19 yakni NT (55 tahun) asal Gamtufkange Tikep dan RDW (31 tahun) Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan orang Tanpa Gejala (OTG) memiliki riwayat kontak erat dengan pasien ke-100 yang juga Sekkot Tikep," kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Malut, dr Alwia Assagaf,M.Kes di Ternate, Minggu.

Sekkot Tikep Asrul Sani Soleman (58 tahun) meninggal pada Sabtu (23/5) dini hari di RSU Chasan Boesoerie Ternate berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan didiagnosa alami pneumonia infeksi paru-paru dan merupakan pasien RSD Kota Tikep yang dirujuk ke RSU Chasan Boesoerie Ternate

Menurut dia, sesuai hasil cek silang, sesuai hasil pemeriksaan rapid test dan swab test terhadap almarhum berstatus reaktif dan positif COVID-19.

Selain itu, ia mengungkapkan, ada tujuh pasien terkonfirmasi positif terbaru yakni YT, perempuan, (41 tahun) Salahudin Ternate, ODP, MH, laki-laki, (20 tahun), Kotabaru Ternate, OTG, NM, perempuan, (50 tahun), Maliaro Ternate ODP, MEA, laki-laki (27 tahun), Tinggi Ternate, ODP, NW, perempuan, (30 tahun), NT, perempuan, (55 tahun), Gamtufkange Tikep, ODP dan RDW, perempuan, (31 tahun), warga Gamtufkange Tikep, OTG, riwayat kontak erat dengan pasien ke-100.

Sedangkan pasien sembuh COVID-19 diantaranya Kilab Husen, (45 tahun), M Ahmad Djabar, (55 tahun), A Rahman Wahab, (19 tahun), Latif Ibrahim, (64 tahun), Rio Andika Teapon (71 tahun) dan Suratmi Amin, (37 tahun).

Sebelumnya, Gustu Malut mencatat, hasil uji 28 spesimen pemeriksaan BTKL-PP Manado dan Tes Cepat Molokuler (TCM) di RSU Chasan Boesoerie Ternate, pasien positif COVID-19 bertambah tujuh orang dan enam orang sembuh.

Sesuai hasil pemeriksaan PCR BTKL-PP Manado terkonfirmasi satu orang positif COVID-19 dan hasil TCM RSU Chasan Boesoerie Ternate enam orang positif COVID-19.  Mereka yang terkonfirmasi positif COVID-19 itu tersebar lima orang dari Kota Ternate dan dua orang lainnya dari Kota Tidore Kepulauan.

"Dengan penambahan tujuh pasien itu, maka Malut memiliki 146 orang terkonfirmasi positif COVID-19," katanya.

 

Pewarta : Abdul Fatah
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024