Jayapura (ANTARA) - Hasil pemeriksaan tes cepat (Rapid Test) terhadap 41 pekerja migran yang dilaksanakan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Kota Jayapura Sabtu (27/6) hasilnya non reaktif. 
Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura Harold Pical kepada Antara, Sabtu malam mengakui, hasil pemeriksaa rapid tes terhadap 41 pekerja migran non reaktif. 
 
"Kami sudah melakukan pemeriksaan sesaat setelah mereka tiba dari Vanimo, Papua Nugini (PNG) dan hasilnya non reaktif ", kata Pical. 
 
Kepala Badan Perbatasan dan Kerja sama Luar Negeri Pemprov Papua Suzana Wanggai secara terpisah mengaku lega setelah mendapat laporan hasil pemeriksaan cepat yang dilakukan KKP Jayapura non reaktif. 
 
Dengan hasil tersebut para pekerja migran yang sebelumnya bekerja diberbagai kota di PNG dapat melanjutkan perjalanannya ke kampung halaman. 
 
Saat ini mereka ditampung disalah satu hotel yang berlokasi di kawasan Abepura, kata Suzana seraya mengaku belum bisa memastikan kapan mereka diberangkatkan. 
 
Pemprov Papua hanya membantu memfasilitasi pemulangan para pekerja migran karena seluruh pembiayaan ditanggung mereka sendiri, jelas Suzana Wanggai. 
 
 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024