Jayapura (ANTARA) - Tokoh pemuda Papua yang juga koordinator grup The Spirit Of Papua Michael John Yarisetouw mengajak kepada semua warga untuk mengikuti instruksi pemerintah melakukan protokol kesehatan dalam beraktivitas keseharian guna pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19).

"Dalam menjalankan aktivitas kita harus menerapkan protokol kesehatan, seperti himbauan Presiden kita akan hidup berdampingan dengan COVID-19 atau menyesuaikan diri dengan virus tersebut. Manusia mempunyai kemampuan untuk beradaptasi, oleh karena itu saya yakin kita mampu menyesuaikan diri dengan normal baru," katanya di Jayapura, Senin.

Untuk itu, kata alumnus Fakultas MIPA Universitas Cenderawasih itu juga mengimbau masyarakat agar menggunakan masker saat beraktivitas, menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak dalam berakaktivitas.

"Saya juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak terpengaruh dengan isu-isu atau provokasi yang dapat menimbulkan konflik di masyarakat khususnya di Kota Jayapura. Mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di tanah Papua, sehingga terciptanya rasa nyaman di masyarakat dalam melaksanakan aktivitas," ajaknya.

Disinggung mengenai Hari Bhayangkara ke-74, Michael mengucapkan selamat merayakan HUT kepada Bhayangkara-bhayangkara sejati, dengan harapan terus berjaya dalam menjaga Kamtibmas masyarakat.

"Karena Polisi mempunyai peran penting dalam menjaga keamanan di masyarakat. Saya yakin Polisi dapat bersinergi dengan semua lapisan masyarakat, sehingga dapat terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif," kata Michael John Yarisetow.

Senada itu, tokoh pemuda Lumbung Informasi Rakyat (Lira) Provinsi Papua Ricky Richardo Kooh mengatakan protokol kesehatan sangat penting sekali untuk dilaksanakan dalam menghadapi tatanan hidup baru atau new normal sebagaimana digaungkan oleh pemerintah.

"Warga diwajibkan untuk mematuhi protokol Kesehatan yang telah di keluarkan oleh pemerintah baik pemerintah pusat atau pun pemerintah daerah. Dalam tatanan kehidupan baru masyarakat diwajibkan menggunakan masker saat beraktivitas, mencuci tangan setelah beraktivitas, dan menjaga jarak satu dengan yang lainnya," katanya.

Ini dilakukan, kata dia, agar semua pihak bisa terhindar dari virus corona  yang telah menelan banyak korban jiwa dan melemahkan kemajuan ekonomi.

"Selain itu saya juga menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama, dengan TNI-Polri dalam menjaga situasi kamtibmas tetap aman di Tanah Papua dan mendukung kerja pihak TNI-Polri untuk bagaimana menciptakan situasi yang aman dan nyaman di tengah-tengah masyarakat," katanya. 

"Jangan mudah terpengaruh dengan isu-isu atau provokasi yang dapat mengganggu situasi kamtibmas di Tanah Papua. Saya juga mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-74, kiranya Kepolisian tetap Jaya dalam menciptakan rasa aman dan situasi yang kondusif di kota Jayapura, sehingga masyarakat semakin produktif. Tetap lanjutkan Pengabdian sebagai pelindung dan pengayom masyarakat di tanah Papua," katanya lagi.
 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024