Sota, Merauke (ANTARA) - Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 125/Si’mbisa bekerjasama dengan Puskesmas Sota menyelenggarakan pelayanan kesehatan terpadu bagi para Lansia di Kampung Yanggandur, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua,Kamis.

Dansatgas Letkol Inf Anjuanda Pardosi mengungkapkan, Posyandu bagi Lansia ini melibatkan empat orang personel Satgas dari Pos Yanggandur dipimpin Sertu Darius P. Saragih bekerja sama dengan petugas kesehatan dari Puskesmas Sota dan Pustu Yanggandur. 

Dansatgas Letkol Anjuanda Pardosi mengungkapkan, selain melaksanakan pelayanan pengobatan dan konsultasi kesehatan bagi para Lansia, tim kesehatan juga menghimbau kepada warga untuk mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Selalu pakai masker keluar rumah,m kesehatan, peduli kebersihan diri dan lingkungan cuci tangan dengan sabun, jaga jarak,"ujar Dansatgas.

Lebih lanjut dikatakan, personel Satgas selain bertugas melaksanakan pengamanan perbatasan juga melaksanakan tugas-tugas lain diantaranya membantu kesulitan warga sebagai perwujudan dari kegiatan pembinaan teritorial agar tercipta hubungan tali silaturahmi yang baik antara anggota Satgas dengan warga di perbatasan.

Sementara itu, kehadiran Satgas di Kampung Yanggandur ini mendapatkan respon yang sangat baik dari warga  Leonora Dimar.

"Adanya pelayanan kesehatan lansia sangat menyentuh kebutuhan warga,  saya mengucapkan terima kasih kepada Satgas. Selama ini bapak- bapak sudah banyak membantu kami di Kampung ini. Warga sering datang berobat ke Pos, bahkan kalau kami datang di malam hari pun tetap dilayani,"ujar Leonora.

Selain dari warga, ibu Indah Pirnasari, Amd Keb selaku petugas kesehatan dari Pustu Yanggandur mengungkapkan pelayanan kesehatan kali ini difokuskan bagi para lansia.

"Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan sebagaimana yang telah diprogramkan pemerintah kepada Lansia untuk mewujudkan Indonesia sehat.
Saya juga mengucapkan banyak terima kasih  bapak-bapak TNI Pos Yanggandur atas partisipasinya yang telah membantu kami memberikan pelayanan kesehatan kepada warga di Kampung ini,"ujar Indah.

 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024