Jayapura (ANTARA) - Aparat Kepolisian Resor (Polres) Waropen, Papua menggelar patroli mengimbau warga di Kabupaten Waropen agar mematuhi protokol kesehatan dalam tatanan normal baru.

"Memasuki tahap IV pelaksanaan Operasi Aman Nusa Matoa 2020 kami dari Polres Waropen terus melakukan patroli malam dan himbauan  kepada masyarakat terkait protokol kesehatan," kata Kasat Samapta Iptu Yuli Wahono ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Jumat malam.

Menurut dia, himbauan humanis yang dilakukan berupa ajakan kepatuhan tentang protokol kesehatan guna pencegahan COVID-19 seperti wajib menggunakan masker di luar rumah, jaga jarak atau physical distancing minimal satu meter, rajin mencuci tangan minimal selama 20 detik dengan menggunakan air dan sabun, serta sosialisasi tentang adaptasi kebiasaan baru.

"Himbaun tersebut kami sampaikan kepada masyarakat yang ditemui sepanjang rute patroli, guna memberikan pemahamam agar masyarakat dapat terhindar dari COVID-19," katanya tak menyebutkan lokasi patroli secara rinci.

Saat pelaksanaan patroli himbauan, kata dia, anggota di lapangan masih banyak menemukan sekelompok masyarakat yang belum memahami tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan tersebut.

"Dan kami tetap menerapkan himbauan serta pendekatan yang humanis dan mudah dipahami kepada masyarakat tersebut," katanya.

Kasat Samapta menambahkah bahwa Polres Waropen disaat tahap IV Operasi Aman Nusa Matoa 2020, tetap melakukan patroli dan himbauan humanis baik itu pada siang hari atau malam hari, agar masyarakat Kabupaten Waropen dapat berperan aktif untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Sebenarnya ini merupakan tugas kita bersama, semau pihak untuk menjaga Kabupaten Waropen bebas dari COVID-19 sehingga  masyarakat bisa tetap produktif, tapi sebagai aparat penegak hukum, kami wajib untuk memberikan imbauan humanis," katanya.




 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024