Timika (ANTARA) - Setelah menunggu hampir dua tahun, Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua kini baru bisa mengumumkan hasil seleksi Calon  Pegawai Negeri  Sipil (CPNS ) formasi tahun 2018.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng di Timika, Kamis, mengatakan dari sekian ribu orang yang mengikuti tahapan seleksi CPNS formasi 2018 yang dilaksanakan pada Juni 2019, yang dinyatakan lulus yaitu sebanyak 300 orang.

"Setelah sekian lama masyarakat menunggu-nunggu pengumuman kelulusan CPNS formasi 2018, barulah sekarang ini hasilnya keluar. Itupun karena semua kabupaten/kota mengusulkan ke Pemprov Papua untuk segera mengumumkan itu," kata Omaleng.

Omaleng tidak merinci alasan dibalik keterlambatan pengumuman hasil seleksi CPNS formasi 2018 di seluruh daerah di Provinsi Papua.

Menurutnya, penerimaan CPNS formasi 2018 di seluruh kabupaten/kota di wilayah Provinsi Papua lebih banyak mengakomodasi anak-anak asli Papua atau Orang Asli Papua (OAP) dengan perbandingan 80 persen dan sisanya 20 persen untuk warga non Papua yang lebih dikhususkan bagi orang yang lahir dan besar di Papua ( Labepa )  dan orang yang lahir dan besar di Mimika (Labema).

Dari 300 peserta yang dinyatakan lulus itu, katanya, 219 orang diantaranya merupakan OAP atau mencapai 79 persen, sementara sisanya yaitu sebanyak 81 orang merupakan warga non Papua yang lahir dan besar di Papua dan di Mimika.

"Untuk Mimika kita mendapatkan 79 persen yaitu orang Papua dan non Papua 21 persen. Dari 219 orang Papua itu, asli Amungme dan Kamoro sebanyak 27 orang. Artinya itu sudah memenuhi," kata Omaleng.

Ia meminta masyarakat Mimika untuk dapat menerima apapun hasil pengumuman kelulusan CPNS formasi 2018 yang diumumkan secara serentak di seluruh wilayah Provinsi Papua yang mencakup 29 kabupaten/kota.

Berbeda dengan di provinsi lain yang menggunakan sistem online, pelaksanaan seleksi CPNS formasi 2018 di Provinsi Papua seperti di Kabupaten Mimika menggunakan sistem offline, sementara di beberapa kabupaten lainnya masih menggunakan sistem manual lantaran keterbatasan akses internet.

Di Mimika, pelaksanaan seleksi CPNS formasi 2018 pada Juni 2019 dilakukan di SMP Negeri 2 Mimika, dimana peserta dibagi dalam beberapa sesi selama beberapa hari.

 

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024