Sentani,Jayapura (ANTARA) - Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Jayapura David A Zakaria mengatakan pasar tani yang digelar pihaknya di sekitar kompleks Kantor Bupati Jayapura akan berlangsung lama, sebagai tempat membantu memasarkan hasil kebun warga dari berbagai kampung.

"Pasar tani ini tidak akan tutup, kemungkinan ini waktunya akan terus berlangsung lama karena adanya pandemi COVID-19. Pasar tani ini membantu warga kampung memasarkan hasil kebunnya," kata Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Jayapura David A Zakaria di Sentani, Kamis.

David mengatakan sesuai dengan instruksi bupati bahwa pemerintah wajib untuk memberikan solusi bagi petani dalam memasarkan komoditas mereka. Oleh karena itulah digelar kegiatan jual-beli melalui pasar tani di komplek Kantor Bupati Jayapura.

"Ini program kami untuk membantu para petani kita supaya mereka bisa menjual langsung hasil kebun mereka kepada para pegawai yang ada di sini," kata David.

David mengatakan kehadiran pasar tani di komplek Kantor Bupati Jayapura itu setidaknya telah memberikan dampak baik kepada para petani yang selama ini kesulitan menemukan pasar untuk menjual hasil kebun mereka.

Melalui pasar tani, lanjutnya, para petani dan warga diajak terlibat langsung untuk memasarkan hasil perkebunan mereka untuk dijual.

"Jadi kita mendukung para petani ini supaya mereka berjualan langsung di sini tanpa ada lagi perantara, tetapi mereka sendiri yang datang dan menjual di komplek kantor Bupati Jayapura ini,"ujarnya.

Dia mengatakan apabila jualan itu belum habis terjual, pihaknya yang akan membantu untuk membeli dan kembali memasarkannya.
 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024