Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menargetkan sebanyak 120 kantong dari aksi donor darah yang digelar sebagai serangkaian kegiatan dalam peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada 2020 di wilayah setempat.

Koordinator Seksi Bhakti Sosial Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI Provinsi Papua Ribka Haluk di Jayapura, Jumat, mengatakan pelaksanaan donor darah ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan kantong darah namun agak kesulitan atau tidak mampu memperoleh persediaan darah.

"Banyak masyarakat dari pegunungan yang datang ke Kota Jayapura untuk berobat namun kesulitan untuk memperoleh persediaan darah sehingga dengan aksi ini diharapkan dapat sedikit membantu menambah stok darah di PMI maupun rumah sakit," katanya.

Menurut Ribka, aksi donor darah ini merupakan salah satu bentuk bakti sosial Pemprov Papua kepada masyarakat dalam rangka peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI.

"Pada 2019, kami berhasil mengumpulkan 170 kantong darah dan menyerahkannya kepada PMI, karena tahun ini tengah ada pandemi sehingga pelaksanaan aksi donor darah ini dibatasi pesertanya," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya telah meluncurkan beberapa kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI di tingkat Provinsi Papua seperti pelepasan tim penyalur bantuan sosial kepada perintis kemerdekaan, pahlawan, warakawuri, tenaga medis yang terdampak COVID-19 dan aksi donor darah.

"Aksi donor darah pun dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan sehingga tidak terjadi penyebaran virus COVID-19 di tengah masyarakat," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap meskipun peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI dilaksanakan di tengah pandemi, namun jasa para pahlawan tetap dapat dikenang melalui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat terdampak COVID-19.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024