Wamena (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua memastikan tahapan kampanye bagi calon peserta pemilihan kepala daerah serentak 9 Desember 2020 belum dimulai.

Ketua KPU Yalimo Yehemia Walianggen melalui sambungan telepon, Senin, mengatakan saat ini pihaknya baru memasuki tahap pengumuman pendaftaran bakal calon.

"Jadwal kampanye  26 September masih lama. Untuk masalah kampanye inikan tahapannya masih belum, jadi kita sekarang fokus pengumuman pendaftaran calon dan penerimaan pendaftaran calon," katanya.

Ia mengatakan tahapan yang sedang berjalan hingga 3 September mendatang adalah pengumuman pendaftaran calon, yang berisikan persyaratan percalonan dan persyaratan calon. 

Pengumuman sudah disampaikan di media massa, papan pengumuman di Kantor KPU setempat maupun melalui baliho yang ditempel di tempat-tempat umum.

"Saat ini belum bisa kampanye. Mereka harus lakukan pendaftaran dahulu. Artinya setelah mereka daftar, itukan masih ada beberapa tahapan yang akan kita lalui, misalnya pemeriksaan kesehatan, verifikasi faktual, baru penetapan pasangan calon," katanya.

Salah satu tahapan yang berjalan bersamaan dengan pengumuman pendaftaran calon adalah pemutakhiran data pemilih. Penyampaian data pemilih kepada KPU dibuka pada 2-4 September mendatang.

"KPU nanti akan lakukan rekapittulasi penetapan sebagai daftar pemilih sementara pada September ini juga. Jadi waktu untuk dua tahapan ini bersamaan," katanya.

Mantan Ketua Bawaslu Yalimo itu mengatakan pengumuman calon yang lulus dan tidak lulus akan dilakukan pada 4 hingga 6 September.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024