Makassar (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Merdisyam bersama jajarannya membagikan masker kepada pengguna jalan usai menghadiri Gerakan Trisula yang dilanjutkan dengan operasi yustisi dalam penggunaan masker sebagai bentuk kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

"Pembagian masker kepada masyarakat khususnya pengguna jalan merupakan bagian dari penegakan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19," ujar Irjen Pol Merdisyam di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan, kegiatan yang melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, penyelenggara pemilu, dan instansi terkait juga sebagai bentuk sinergitas dalam memerangi penyebaran COVID-19.

Kapolda meminta kepada masyarakat khususnya pengguna jalan agar senantiasa patuh terhadap anjuran pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan terkait dengan protokol kesehatan.

Dia menerangkan jika hingga saat ini, penularan masih terjadi dan belum ada obat ataupun vaksin paten khusus untuk penderita COVID-19 tersebut.

"Kita semua bisa mencegah dan memerangi penularan serta penyebaran COVID-19. Salah satunya adalah ikuti protokol kesehatan. Protokol kesehatan itu mudah, hanya perlu menjaga jarak sosial, rajin cuci tangan, memakai masker, cuma itu," katanya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah didampingi Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka juga terlihat kompak mendukung gerakan dengan program trisula tersebut.

Dia menerangkan, program tersebut merupakan gabungan dari tiga langkah untuk menekan laju pandemi COVID-19 di Sulsel.

Yang pertama, melakukan pelacakan kontak masif, kedua edukasi dalam pelaksanaan protokol kesehatan, dan ketiga adalah memperluas serta menggiatkan uji COVID-19 dengan 12 fasilitas laboratorium dan 2 mobil PCR.

Nurdin Abdullah mengatakan, untuk saat ini Pemprov Sulsel bersama Pemda Kabupaten/Kota se-Sulsel sudah memiliki 12 laboratorium dan 2 mobil PCR khusus untuk COVID-19.

"Jadi ini kita sudah punya 12 laboratorium, dari 3 kemudian menjadi 7, dan sekarang sudah 12 di Sulsel, ditambah lagi 2 mobil PCR kita, ini milik pemerintah provinsi," katanya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota TNI, Kepolisian, OPD lingkup Pemprov Sulsel dan seluruh tenaga kesehatan baik dokter, perawat dan tenaga laboratorium.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih banyak kepada seluruh anggota TNI Bapak Pangdam, seluruh anggota kepolisian dan Bapak Kapolda Sulsel. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pejuang yang telah menghadapi COVID-19 di Sulsel," ucapnya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024