Wamena (ANTARA) - Prajurit TNI Babinsa Koramil 01 Wamena Kodim 1702 Jayawijaya Serma Usman bantu warga binaannya menanam bibit ubi jalar/hipere dalam rangka mengantisipasi ketersediaan bahan pangan lokal di masa pandemi virus corona (COVID-19) yang hingga sekarang masih berlangsung.

"Tujuan dari penanaman ubi jalar atau Hipere bahasa daerah masyarakat Wamena ini, sebagai upaya dalam mengantisipasi kekurangan bahan makanan apabila terjadinya krisis pangan di Kampung Honai Lama, Kabupaten Jayawijaya,"kata Serma Usman di Wamena, Sabtu.

Serma Usman mengatakan,  upaya ketahanan pangan yang dilaksanakan di berbagai wilayah yang ada di Koramil 01 Wamena dengan bekerja sama pemerintah Kampung setempat.

"Mudah-mudahan usaha ini dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi warga dimasa pandemi COVID-19,"harap Serma Usman.

Upaya penamaman hipere ini, lanjutnya, telah dilaksanakan melalui rapat koordinasi bersama pemerintah Kampung dan masyarakat sehingga dalam pelaksanaannya berjalan aman dan lancar.

"Untuk lahannya itu sendiri merupakan milik warga, dipilihnya ubi jalar sebagai tanaman utama karena memiliki masa panen relatif cepat dan perawatan yang tidak terlalu rumit,"akunya.

Salah satu petani Korneles menyampaikan ucapan terima kasih kepada Babinsa Koramil Wamena yang telah datang dan membantu warga mengolah lahan untuk ditanami bibit ubi jalar.

Sementara itu, Danramil 01 Wamena Mayor Chb Yusuf Rinding mengatakan, sebelum melakukan kegiatan ini penanaman dilakukan koordinasi dengan pemerintah distrik/kecamatan dan kampung dalam rangka penyiapan lahan yang diperuntukan sebagai media tanam.

"Prajurit Babinsa terus kami dorong untuk berperan aktif dalam proses penyiapan lahan tersebut, dengan harapan agar kegiatan ini berjalan aman, lancar dan baik. Dan untuk penanamannya kami lakukan secara bertahap sampai siap panen,"ujar Danramil.


 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024