Timika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua mengharapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dapat meresmikan pengoperasian gedung Terminal Penumpang Bandara Mozes Kilangin Timika sisi selatan yang telah selesai dibangun.

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob kepada Antara di Timika, Minggu, mengatakan permintaan agar Menhub dapat meresmikan pengoperasian gedung Terminal Penumpang Bandara Timika sisi selatan telah disampaikan secara langsung kepada Staf Ahli Menhub Letjen Laut Buyung Lalana saat transit di Bandara Timika belum lama ini.

"Kami meminta kepada beliau agar dapat menyampaikan kepada Bapak Menhub untuk dapat meresmikan pengoperasian gedung terminal Bandara Timika sisi selatan yang telah selesai dibangun oleh Kemenhub. Kalau bisa Terminal Penumpang Bandara Timika itu harus dioperasikan tahun ini untuk menunjang kelancaran aktivitas penerbangan di Timika," kata Wabup.

Terhadap permintaan itu, Buyung Lalana menyatakan siap untuk menginformasikannya secara langsung kepada Menhub Budi Karya.

Pemkab Mimika, kata Wabup Rettob, juga akan menjadwalkan pertemuan dengan Menhub Budi Karya guna menindaklanjuti rencana peresmian sekaligus pengoperasian gedung Terminal Penumpang Bandara Mozes Kilangin Timika sisi selatan.

Gedung Terminal Penumpang Bandara Mozes Kilangin Timika sisi selatan terdiri atas dua bangunan masing-masing seluas 21.000 meter persegi berkonstruksi dua setengah lantai, masing-masing dibangun Kemenhub dan Pemkab Mimika yang nantinya diharapkan menjadi terminal kedatangan dan terminal keberangkatan penumpang. Aktivitas penerbangan di Bandara Mozes Kilangin Timika. (ANTARA/Evarianus Supar)
Sementara gedung Terminal Penumpang sisi utara Bandara Timika yang selama ini dioperasikan dibangun PT Freeport Indonesia.

Khusus untuk gedung Terminal Penumpang sisi selatan yang dibangun Kemenhub, beberapa waktu lalu Unit Pengelola Bandar Udara Mozes Kilangin Timika telah meminta Kemenhub untuk melakukan verifikasi setelah seluruh proses pembangunan hampir rampung.

Adapun gedung Terminal Penumpang sisi selatan yang dibangun oleh Pemkab Mimika melalui Dinas Perhubungan hingga kini masih dalam proses pembangunan.
 

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024