Jayapura (ANTARA) - Perusahaan Daerah (Perusda) Biniyau milik Kabupaten Jayapura bekerja sama dengan mengandeng PT Numbay Kabel Vision memasang jaringan TV kabel disetiap rumah warga yang berdomisili di Kampung Yoboi, salah satu kampung di sekitar Danau Sentani. 

"Infrastrukturnya dibiyai dari Perusahaan Daerah (Perusda) Biniyau milik Kabupaten Jayapura bekerja sama dengan PT Numbay Kabel Vision.  Disini Dinas Komunikasi dan Informatika  Kabupaten Jayapura memfasilitasi keduanya," kata Pelaksana Tugas Kadiskominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Sabtu.   

Gustav mengatakan, roh model dari bisnis ini baru pertama kali ada di Kabupaten Jayapura, khususnya antara perusahaan daerah dan mitra Kominfo kabupaten.

"Kami juga akan kembangkan pemasangan TV Kabel ini sampai ke Distrik Yapsi dan Distrik Kaureh. Selanjutnya, beberapa kampung yang ada di sekitaran Danau Sentani yang dibiayai oleh perusahaan daerah,"ujarnya. 

Dia mengatakan, kini jaringan TV kabel sementara di Kampung Yoboi, salah satu kampung di sekitar Danau Sentani  telah terpasang kurang lebih ada sekitar 20 kepala keluarga (KK) di kampung ini.

Hingga pada Jumat (2/10), menurut Gustav, sudah terpasang jaringan TV Kabel di 20 rumah warga/pelanggan dan akan  hari ini dilanjutkan ke rumah warga lainnya. 

Kedepannya, menurut dia, pemasangan jaringan TV kabel akan pindah lagi, mungkin ke sekitar kampung-kampung sampai ke daerah Yapsi, Lereh, dan Depapre.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga bekerja sama dengan Telkom untuk memasag jaringan Indihome di Distrik Sentani, Sentani Timur dan Distrik Waibu. 

"Kami sudah "road show" beberapa bulan lalu, pertemuan antara RT/RW kemudian dengan warga di Sentani Timur, Sentani, dan Waibu juga sudah dilakukan. Jadi, kalau ada warga yang tertarik maka daftarkan ke Kominfo dengan lampiran surat mengetahui RT/RW setempat baru bisa di masukan ke Telkom untuk di pasang," katanya. 

Ia menambahkan, permintaan pemasangan jaringan Indihome dari masyarakat sudah cukup banyak namun, Telkom belum siap untuk memasang jaringan indihome itu ke masyarakat yang mengajukan permintaan pemasangan jaringan Indihome. 

Kemudian akan dikembangkan di kampung-kampung lainnya di pesisir Danau Sentani. Kemudian, dikembangkan ke Sentani Barat yaki di Distrik Depapre, Distrik Yapsi dan Distrik Kaureh.

"Ini sesuai dengan hasil diskusi/pertemuan antara Perusda Biniyau dan PT Numbay Kabel Vision yang difasilitasi oleh Diskominfo Kabupaten Jayapura," katanya.

 

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024