Jayapura (ANTARA) - Bupati Kabupaten Lanny Jaya Befa Yigibalom meninjau pembangunan jalan dari ibukota kabupaten Tiom ke Distrik Kuyawage guna mengecek sejauh mana prosesnya.

"Kami meninjau pembangunan jalan ke Distrik Kuyawa dan juga Kwana Barat untuk mengetahui ruas jalan yang sedang dibangun," kata Befa dalam siaran persnya kepada Antara di Jayapura, Rabu.

Menurut Befa, jarak dari Tiom ke Kuyawage tercatat 39 kilometer dan kini hanya tersisa 10 kilometer saja yang belum selesai dikerjakan.

"Kami berharap tahun berikutnya pembangunan jalan tersebut dapat dibantu oleh Pemprov Papua dalam hal ini Gubernur Papua sehingga masyarakat yang selama ini terisolasi dapat memiliki akses jalan darat," ujarnya.

Dia menjelaskan sehingga ke depan masyarakat pun dapat mengakses jalan darat ke Wamena, Sinak dan Tiom.

"Selama ini, untuk dapat sampai ke Kuyawage, masyarakat harus berjalan selama tiga hari atau   naik pesawat dengan jarak tempuh 15 menit," katanya lagi.

Dia menambahkan dengan bantuan tambahan anggaran dari pemerintah maka akses jalan ini dapat segera selesai dibangun sehingga pelayanan publik bagi masyarakat dapat lebih mudah diperoleh.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lanny Jaya Aletinus Yitgibalom mengatakan pihaknya akan terus melanjutkan pembangunan jalan menuju Distrik Kuyawage dan juga Kwano Barat sesuai dengan target-target pembangunan yang diberikan oleh Bupati Lanny Jaya.

"Kami akan bekerja keras untuk memastikan pembangunan jalan ini sesuai dengan arahan-arahan yang diberikan oleh Bupati Lanny Jaya," katanya.

 

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024