Jayapura (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Papua membagikan 10.500 masker secara gratis kepada masyarakat di Kota Jayapura, guna pencegahan penyebaran COVID-19 di kota tersebut.

Pendistribusian masker itu juga dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 yang jatuh pada 12 November.

"Hari ini kita membagi masker di Kota Jayapura dan juga di kabupaten lain yang ada di Papua. Khusus untuk Kota Jayapura, kita siapkan 10.500 masker untuk dibagikan kepada masyarakat," kata Sekretaris Dinkes Papua, Ary Pongtiku di Jayapura, Rabu.

Selain pembagian masker, juga dilakukan pembagian flayer/leaflet yang berisi pesan-pesan kesehatan kepada masyarakat.

Lebih banyaknya masker difokuskan di Kota Jayapura lantaran kasus COVID-19 terbanyak di Papua. Hingga Selasa (10/11), jumlah kasus COVID-19 di Kota Jayapura sudah mencapai 10.477 orang yang terkonfirmasi positif.

Selain di Kota Jayapura, menurut dia, di kabupaten lainnya juga dalam merayakan Hari Kesehatan Nasional tahun ini dengan mengampanyekan protokol kesehatan, gaya hidup sehat dan membagikan masker dalam rangka mewujudkan tekad Indonesia sehat.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksanaan HKN, Lesman Tabuni mengatakan sesuai kesepakatan rapat, hari ini pihaknya melakukan jalan santai di lingkungan Kantor Dinas Kesehatan Papua.

Lalu dilanjutkan dengan pembagian masker secara gratis kepada masyarakat di Kota Jayapura. Secara simbolis, mewakili Kepala Dinas Kesehatan Papua, Sekretaris Dinas Kesehatan menyerahkan 2.500 masker dan flayer/stiker yang berisi seruan kesehatan.

"Setelah penyerahan, teman-teman yang sudah ditugaskan dalam rapat akan mendistribusikan masker ini di sejumlah titik yang ada di Kota Jayapura," ujarnya.

Menurut dia, titik-titik pendistribusian masker di antaranya di pompa bensin Ale-ale Padang Bulan Abepura, Lingkaran Abepura, Pasar Yotefa, Jembatan Youtefa, Taman Imbi Jayapura dan dok V Jayapura.

"Masker yang disiapkan untuk didistribusikan di Kota Jayapura sebanyak 10.500. Pembagian dilakukan secara gratis kepada masyarakat," katanya.

Sebelum pembagian masker, panitia telah melaksanakan beberapa rapat-rapat persiapan HKN tahun ini.

Lesman mengatakan HKN ke-56 tahun ini, yang jatuh pada 12 November, mengusung tema Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat.

Menurutnya, tema itu merupakan seruan kepada seluruh tenaga kesehatan, dan seluruh komponen masyarakat untuk terus bertekad dan berjuang keras untuk menyelamatkan bangsa di masa pandemi COVID-19.

Sub tema HKN tahun ini, Jaga diri, jaga kesehatan masyarakat, selamatkan bangsa dari pandemi COVID-19.

"Khusus di Papua, Gubernur Lukas Enembe menyerukan slogan, Saya jaga ko, ko jaga saya, kita jaga Papua," ujar dia.*


Pewarta : Musa Abubar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024