Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 364 pemilih penyandang disabilitas di Papua yang tersebar di 11 kabupaten peserta pilkada siap mencoblos pada tanggal 9 Desember mendatang.
 
Komisioner KPU Papua Diana Simbiak kepada ANTARA, Selasa mengatakan, ke 364 pemilih penyandang disabilitas itu sudah siap untuk mencoblos bersama-sama dengan pemilih lainnya.
 
Pemilih disabilitas terdapat di 11 kabupaten yang akan melaksanakan pilkada di Papua dan terbanyak berada di Kabupaten Merauke yakni 129 orang.
 
Sarana pendukung khususnya kertas coblos sudah disiapkan dan simulasi sudah dilakukan sehingga mereka dapat menyalurkan hak pilihnya di TPS.
 
Petugas KPPS akan membantu mereka yang menyandang disabilitas dan bagi yang datang ke TPS tidak menggunakan masker maka akan diberikan sebelum masuk ke kawasan TPS untuk mencoblos.
 
Untuk memutus penyebaran COVID-19 maka protokol kesehatan diterapkan dan petugas KPPS akan memeriksa suhu tubuh, menyiapkan sarung tangan plastik sekali pakai dan masker yang akan diberikan kepada pemilih yang tidak menggunakan atau membawa masker.
 
"Kawasan TPS semaksimal mungkin mematuhi protokol kesehatan terkait COVID-19," kata Diana Simbiak yang membidangi data dan informasi.
 
Jumlah pemilih yang akan memilih di 11 kabupaten tercatat 1.084.528 orang dan akan mencoblos di 3.601 TPS.
 
 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024