Manokwari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manokwari, Papua Barat, akan mengembangkan tiga kawasan ekonomi baru dengan mengoptimalkan potensi di daerah tersebut.

Kepala Bidang Sosial dan Budaya Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Manokwari, La Ode Aisyiya, Kamis, mengatakan,  pengembangan kawasan ekonomi itu akan dilaksanakan di Distrik Tana Tubuh, Manokwari Utara serta Mokwam.

Dia menjelaskan Distrik Manokwari Utara difokuskan pada pengembangan komoditas perikanan dan perkebunan kakao. Untuk Tana Rubuh pemerintah daerah akan mengembangkan perkebunan pisang serta aren.

Sedangkan di kampung Mokwam Distrik Warmare fokus pada pengembangan tanaman hortikultura, perkebunan kopi serta ekowisata.

"Pengembangan kawasan ini kita lakukan sesuai hasil kajian bersama para pakar di Universitas Papua. Masing-masing kita dorong sesuai potensi yang tersedia," ujarnya.

La Ode menyebutkan pihaknya akan mendorong pembentukan peraturan bupati agar organisasi perangkat daerah (OPD) terkait bersinergi dalam pengembangan ini.

Dia menjelaskan dari sisi pertumbuhan ekonomi tiga distrik ini paling tertinggal dibanding enam distrik lain di Manokwari. Disisi lain wilayah tersebut memiliki potensi cukup besar.

Upaya yang dilakukan Bappeda, katanya, mendorong penguatan agar tiga distrik itu berkembang dengan potensi yang dimiliki. Pasar dinilai cukup terbuka dan siap menampung produk yang dihasilkan.

"Kopi Mokwam sekarang sudah bisa kita nikmati cuma produksinya belum banyak. Program pengawasan ini untuk mendorong agar kopi Mokwam bisa diproduksi dengan sekala yang lebih besar," katanya.

"Mokwam ini wilayah pegunungan dan merupakan pintu masuk menuju Kabupaten Pegunungan Arfak yang kaya akan potensi pariwisata. Sehingga pas kalau ekowisata dikembangkan di situ," sebut La Ode menambahkan.

Pewarta : Toyiban
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024