Wamena (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, mewajibkan seluruh puskesmas (PKM) mengedukasi warga untuk menerima vaksin COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Jayawijaya dokter Willy Mambieuw ketika dihubungi dari Wamena,Rabu mengatakan pihaknya sudah mengeluarkan surat keterangan agar puskesmas wajib melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai vaksin.

"Setiap puskesmas diberi tanggung jawab menyosialisasikan ke masyarakat soal vaksinasi COVID-19. Selain itu, di dinas, tepatnya sub bidang pemberantasan penyakit menular, mereka juga mengoordinir melakukan edukasi ke masyarakat," katanya.

Ia mengatakan warga berhak untuk tidak divaksin, namun dinas kesehatan wajib mengedukasi atau memberikan sosialisasi mengenai keamanan vaksin tersebut.

"Terserah mau vaksin atau tidak, tetapi hidup selalu berdampingan dengan orang lain, dimana bisa saja berpotensi terjadi penularan terhadap orang yang sehat," katanya.

Willy Mambieuw memastikan vaksin itu aman kepada masyarakat, bahkan Presiden RI Joko Widodo sudah menjadi orang pertama yang disuntk vaksin COVID-19.

"Bukan saja BPOM sendiri, bahkan WHO juga menyatakan bahwa vaksin ini aman karena di atas 50 persen, berarti efektivitasnya bagus," katanya.

Ia memastikan pihaknya belum menerima vaksin yang rencananya dikirim dari Jayapura ke Jayawijaya.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024