Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyebut teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ikut berkontribusi dalam penanganan pandemi COVID-19 karena digunakan untuk menggerakkan berbagai sektor strategis di tengah keterbatasan untuk melakukan aktivitas serta mobilisasi.

Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Doren Wakerkwa di Jayapura, Kamis, mengatakan dalam masa pandemi COVID-19 yang telah berjalan hampir setahun ini dan tidak kalah penting, selain bidang medis yang bersentuhan langsung dengan penanganan virus tersebut adalah teknologi informasi dan komunikasi.

"Inilah yang harus menjadi perhatian bagi Dewan Teknologi Informasi Komunikasi Daerah (DETIKDA) untuk berkontribusi aktif serta memberikan solusi dan terobosan dalam penggunaan serta pengembangan ruang digital peningkatan pelayanan di Provinsi Papua," katanya.

Menurut Doren, dengan percepatan pembangunan infrastruktur dan konektivitas antar kawasan dalam pembangunan komunikasi serta informasi yang komprehensif dari pusat sampai dengan di pedalaman Papua, diharapkan DETIKDA memberikan andil berupa sumbangsih pemikiran juga solusi.

"Khusus di bidang penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis e-goverment, di mana beberapa OPD di Papua telah membangun layanan berbasis teknologi informasi, namun belum terintegrasi dengan baik antara satu sistem dengan sistem lainnya," ujarnya.

Dia menjelaskan oleh sebab itu, pihaknya berharap DETIKDA dapat juga membantu bagaimana sistem manajemen yang telah dibangun pada OPD-OPD menjadi terintegrasi dan sinkron satu dengan yang lainnya.

"Di samping hal-hal yang bersifat teknis, DETIKDA dapat berkolaborasi langsung dengan instansi teknis di bidang komunikasi dan informasi ataupun instansi lainnya," katanya lagi.

Dia menambahkan hal tersebut untuk memberikan masukan pada perumusan penyusunan kebijakan atau regulasi daerah di bidang teknologi informasi sesuai ketentuan yang ada guna meningkatkan daya saing di era digital ini.

Sebelumnya, Penjabat Sekda Provinsi Papua Doren Wakerkwa melantik pengurus Dewan Teknologi Informasi Komunikasi Daerah Provinsi Papua masa bakti 2019-2024.*
 

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024