Jayapura (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Provinsi Papua mendorong semua tenaga kesehatan di wilayah itu agar secara tuntas disuntik vaksin.

Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Papua Welliam R. Manderi di Jayapura, Selasa mengatakan dari data terakhir dinas kesehatan setempat, tercatat tiga kabupaten yang tenaga kesehatannya belum divaksin sama sekali, yakni Lanny Jaya, Tolikara dan Puncak Jaya.

"Kami berharap, para tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam pencegahan COVID-19 ini dapat terlindungi dan salah satu caranya adalah dengan divaksin," kata Kepala BPBD Provinsi Papua itu.

Menurut Welliam, diharapkan dengan semua upaya sosialisasi serta penyampaian dari pemerintah dapat dipahami oleh tenaga kesehatan dengan baik sehingga dorongan untuk divaksin dapat dilaksanakan secara maksimal.

"Jika tenaga kesehatan saja tidak mau divaksin, bagaimana pemerintah dapat memberikan contoh bagi warga?" ujarnya.

Dia menjelaskan vaksinasi ini penting untuk melindungi masyarakat terpapar COVID-19, namun jika warga tidak mau divaksin maka upaya pencegahan yang dilakukan oleh pemerintah tidak akan dapat maksimal.

"Dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19, pemerintah melaksanakan vaksinasi, dan sekarang ditambah dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM)," katanya.

Dia menambahkan semua upaya dilakukan pemerintah untuk melindungi warganya sehingga hal ini juga harus didukung oleh tenaga medis sebagai garda terdepan dalam menghadapi COVID-19 ini.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024