Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 343 karya jurnalistik meramaikan ajang Kapolda Papua Journalist Award 2021 di wilayah Bumi Cenderawasih.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal di Jayapura, Jumat, mengatakan ke-343 karya jurnalistik tersebut terdiri dari 182 karya tulis, 87 karya foto dan 65 karya video.

"Kapolda Papua Journalist Award 2021 dimulai sejak 16-28 Februari 2021, di mana tahap penjurian dilakukan pada 1-5 Maret 2021, dengan kategori yang dilombakan yakni terdiri dari kategori karya tulis terbaik, fotographer terbaik dan videographer terbaik," katanya.

Menurut Kabid Humas, semua karya finalis dan nominasi yang masuk dalam Kapolda Papua Journalist Award 2021 ini pada dasarnya adalah karya-karya hasil cipta rasa dan karsa dari rekan-rekan insan pers tentang Polri, dan sebagian besar adalah memberikan apresiasi kepada tugas-tugas kepolisian terutama pada Polda Papua, meskipun dari sudut pandang yang berbeda, oleh karenanya tetap diberikan apresiasi.

"Penganugerahan ini, sudah melalui proses yang panjang oleh tim juri yang terdiri dari para pakar dari berbagai sudut keilmuan, sehingga diperoleh penilaian yang akurat setelah terjadi proses argumentatif para juri dari sudut pandang keilmuannya," ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Umum Kapolda Papua Journalist Award 2021 Dhias Suwandi mengatakan antusiasme media pada ajang ini tergolong cukup tinggi meski digelar dalam waktu tidak panjang.

"Karya jurnalistik yang dilombakan, telah dinilai oleh dewan juri profesional sesuai saran dari Divhumas Polri dalam rangka menjunjung tinggi objektivitas sesui kaidah jurnalistik, kami pun sangat mengapresiasi Kabaintelkam, Kapolda Papua dan Kabid Humas Polda Papua yang telah menginisiasi dan menggelar Kapolda Papua Journalist Award 2021," katanya.

"Lomba ini juga mendorong kami, para awak media menghasilkan produk jurnalistik yang lebih berkualitas, mengedukasi dan mensosialisasikan peran Polri sesuai dengan konsep 'Polri Presisi' atau pemolisian prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan," ujarnya.

Berikut daftar pemenang Kapolda Papua Journalist Award 2021 dari masing-masing kategori.

Kategori Narasi, juara Harapan 1: Raymond Latumahina dari Fokus Papua, Harapan 2: Paulus Manahara Tambunan dari Bintang Papua, Harapan 3: Alan Youwe dari Bumipapua.com.

Sementara untuk juara 1: Hendrina Dian Kandipi dari Antaranews.com, juara 2: Ardilles Lelollterry dari Lintaspapua.com, juara 3: Agies Pranoto dari Kabarpapua.co.

Kategori Video, juara Harapan 3: Rolly Sitanggang dari Inews papua, Harapan 2: Muhammad Ridwan dari SCTV, Harapan 1: Laksa Mahendra dari Antara TV.
Juara 3: Riyanto Nay dari Indonsiar, Juara 2: Sharif Jimar dari Kompas Tv, Juara 1: Yonri Revolt dari Seputar Papua Tv.

Kategori Foto, juara Harapan 3: Mujiono dari seputarpapua.com, juara Harapan 2: Elvira Halifa dari harian Cenderawasih Pos, juara Harapan 1: Wendi Wicaksono dari Papuaselatan.com.

Untuk juara 3: Irsul Panca Aditra dari Seputarpapua.com, Juara 2: Dwi Bobby Kurniawan dari Reportasepapua.com, Juara 1: Selfianto Pakiding dari Seputarpapua.com.


Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024