Wamena (ANTARA) - Polres Tolikara, Polda Papua mendirikan taman baca berbentuk rumah adat setempat atau honai, untuk mendukung pengembangan pendidikan anak-anak bangsa di wilayah itu.

Kasat Binmas Polres Tolikara Iptu Widada melalui siaran pers yang diterima ANTARA di Wamena, Sabtu, mengatakan taman baca yang sudah mulai dimanfaatkan itu kiranya menjadi tempat untuk polisi mengedukasi, memberikan pembelajaran positif bagi anak-anak di lingkungan sekitar.

"Ini bentuk kepedulian kami dari kepolisian dan bhayangkari terhadap masa depan anak-anak di sini, sebab pembelajaran yang positif juga merupakan tanggung jawab kami selain para orang tua maupun tenaga pendidik atau guru," katanya.

Taman Baca Kemala yang dibangun di Desa Kolengger, Distrik Karubaga itu dilengkapi buku-buku bacaan bergambar untuk menambah wawasan anak-anak.

"Kami akan terus menjalankan program Binmas Noken sebagai wujud kepedulian Polri terhadap anak-anak bangsa. Semoga anak-anak bisa meraih impiannya," kata Iptu Widada.

Perwakilan anggota Bhyangari Polres Tolikara, Nyonya Thidora Zakarias mengatakan siap mendukung kegiatan kepolisian untuk anak-anak di sana agar mereka tidak tertinggal dengan anak-anak di daerah lain, terutama dari sisi pendidikan.

Thidora mengatakan di taman baca itu mereka mendidik anak-anak dengan hal-hal kecil yang mudah diingat, misalnya cara berbakti kepada orang tua.

"Anak-anak bangsa ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Karena dengan edukasi positif kita dapat menyelamatkan anak-anak kita dari pengaruh lingkungan yang negatif," katanya.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024