Wamena (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tolikara Provinsi Papua meminta masyarakat ikut mencegah pencurian fasilitas Palapa Ring di Tower Palapa Ring, Puncak Mega, Tolikara. 

Asisten III Sekda Tolikara Adi Wibowo melalui siaran pers yang diterima di Wamena,  Selasa, mengatakan Palapa Ring merupakan fasilitas umum yang harus dijaga bersama.

"Tolong ASN informasikan kepada keluarga-keluarga untuk menjaga fasilitas atau infrastruktur umum, khususnya Tower Palapa Ring di Puncak Mega karena beberapa perangkat tower seperti papan solar cel dan baterai sering hilang karena dicuri orang," katanya.

Ia mengharapkan kejadian ini tidak terulang atau terjadi pada tower Palapa Ring lainnya yang berada di wilayah Kabupaten Tolikara.

"Site Puncak Mega itu adalah sentral dari beberapa tower di pegunungan tengah Papua. Apabila ini terganggu maka tower lain ikut terganggu. Karena itu kami minta kepada kita semua untuk menjaga bersama karena fasilitas umum ini dibangun untuk kepentingan kita bersama," katanya.

Ia mengatakan dengan adanya Palapa Ring, masyarakat bisa menikmati layanan internet yang layak.

"Kita bisa akses internet dengan lancar karena jaringan bendwith di Telkomsel sudah ditingkatkan karena Telkomsel sudah berkolaborasi dengan Palapa Ring Timur," katanya

Adi Wibowo mengatakan tidak bisa dipungkiri bahwa internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat saat ini.

"Zaman digital ini anak-anak sekolah, ASN maupun karyawan swasta bekerja dengan aplikasi daring, internet sudah menjadi kebutuhan, bahkan sudah menjadi gaya hidup orang saat ini," katanya.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024