Jayapura (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Provinsi Papua dan Papua Barat menggelar pekan literasi pasar modal guna mendorong investasi aman, nyaman dan halal di pasar modal syariah.

Kepala Kantor BEI Perwakilan Provinsi Papua dan Papua Barat Kresna A. Payokwa di Jayapura, Jumat, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penerangan dan pencerahan bagi masyarakat umum yang selama ini mungkin masih belum melek dengan produk investasi di pasar modal.

"Pelita menggambarkan api yang kecil, namun dapat membawa secercah terang dan harapan dalam kegelapan," katanya.

Menurut Kresna, pihaknya berharap melalui kegiatan di hari ini dapat membawa angin segar bagi peserta, walaupun dalam kondisi pandemi COVID-19 tetap dapat menemukan sarana investasi yang aman, nyaman, dan halal melalui Pasar Modal Syariah di BEI.


"Sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, Indonesia memiliki pangsa pasar modal syariah terbesar di dunia, Namun kini industri keuangan syariah justru maju pesat di Jepang dan beberapa negara-negara Eropa," ujarnya.

Dia menjelaskan padahal pasar modal syariah Indonesia merupakan bagian dari industri keuangan syariah yang diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan kini sudah banyak produk investasi pasar modal syariah yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, namun belum banyak di ketahui oleh masyarakat umum.

"Oleh karena itu melalui kegiatan Pelita Pasar Modal dari Ujung Timur Indonesia diharapkan dapat meningkatkan jumlah investor pasar modal syariah, khususnya di Papua," katanya.

Sebelumnya, PT Bursa Efek Indonesia bekerja sama dengan Kantor Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Papua dan Papua Barat, Phintraco Sekuritas Cabang Papua, dan Galeri Investasi Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua menggelar kegiatan Pelita Pasar Modal dari Ujung Timur Indonesia dengan tema “Investasi Aman, Nyaman, dan Halal di Pasar Modal Syariah”.

Kegiatan ini dilangsungkan di Aula IAIN Fattahul Muluk Papua di Jalan Raya Buper Waena, dan dihadiri oleh para peserta dari masyarakat umum, Dharma Wanita Persatuan IAIN Fattahul Muluk Papua, mahasiswa dan beberapa komunitas Majelis Taklim di Kota Jayapura.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian menyambut pekan literasi pasar modal yang akan dilaksanakan pada Juni 2021.
 

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024