Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua berharap hasil rapat kerja daerah (rakerda) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali tersebut diharapkan dapat menghasilkan program kegiatan yang mendukung pembangunan di kabupaten/kota masing-masing.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua Yohanis Walilo, di Jayapura, Senin, mengatakan dukungan tersebut dalam bentuk menjalankan fungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang untuk terlaksananya 10 program pokok PKK.

"Kemitraan dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Kota, lembaga kemasyarakatan swasta serta pemangku kepentingan lainnya perlu terus dijaga secara berkesinambungan, karena itu perlu direncanakan dengan baik juga terarah," katanya.

Menurut Yohanis, pelaksanaan rakerda ini diharapkan dapat menjadi dorongan bagi Tim Penggerak PKK dan para kader PKK yang ada di seluruh Tanah Papua untuk terus melakukan Gerakan PKK sebagai gerakan pemberdayaan keluarga dan masyarakat.

"Dengan tema peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49 pada 2021 yakni keluarga pelopor perubahan menuju Indonesia maju, mengandung makna melalui momentum peringatan Hari Kesatuan Gerak diharapkan Tim Penggerak PKK bersama kader-kader yang ada di seluruh Tanah Air khususnya di Tanah Papua, bekerja sama dengan pemerintah guna menggerakkan serta memajukan masyarakat yang dapat membuat perubahan bagi keluarganya," ujarnya.

Dia menjelaskan Pemerintah Provinsi Papua dengan visi Papua bangkit, mandiri dan sejahtera yang berkeadilan, akan terus mendorong Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga untuk terus berkarya menuju kemandirian dan kesejahteraan masyarakat khususnya keluarga.

"Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (Gerakan PKK) adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, pengelolaannya dari oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berbudi luhur, sehat, sejahtera, lahir dan batin," katanya lagi.

Dia menambahkan Tim Penggerak PKK adalah mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan lainnya, yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang untuk terlaksananya program PKK, di mana hubungan kerja dalam Gerakan PKK bersifat konsultatif, koordinatif dengan tetap memperhatikan hirarki dalam setiap jenjang Tim Penggerak PKK.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024