Jayapura (ANTARA) - PT PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B) mendukung sebanyak 39 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak pada seluruh bidang di wilayahnya.

General Manager PLN UIWP2B Abdul Farid kepada Antara di Jayapura, Kamis, mengatakan berbagai produk yang dihasilkan di antaranya berupa kopi, tas rajutan, batik cap dan mahkota Papua.

"Salah satu mitra binaan PLN yang memiliki banyak permintaan adalah Kopi Cenderawasih yang berada di Kabupaten Nabire," katanya.

Menurut Farid, ini merupakan salah satu bentuk dukungan PLN untuk meningkatkan daya saing produk yang dihasilkan para mitra binaan pihaknya.

"Beberapa kegiatan pelatihan dibuat secara rutin agar para UMKM dapat selalu berkembang dan dapat mengikuti perkembangan zaman," ujarnya.

Sebelumnya, dalam semangat Hari Kebangkitan Nasional, PLN berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi yang nyata bagi Indonesia. Tidak hanya memastikan pasokan listrik yang berkualitas bagi seluruh rakyat, melalui program PLN Peduli, PLN terus mendorong pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bangkit di tengah pandemi.

Dukungan PLN Grup terhadap UMKM dilakukan melalui bantuan pelatihan, peralatan usaha, dan pembinaan UMKM agar naik kelas.

Hingga Mei 2021, melalui program kemitraan, PLN telah menyalurkan bantuan senilai Rp349 miliar untuk 43.958 UMK. Sementara melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan selama masa pandemi, PLN telah menyalurkan bantuan senilai Rp59,3 miliar untuk 10.112 UMK.

“UMKM adalah tulang punggung ekonomi bangsa. Dengan semangat Hari Kebangkitan Nasional, kami yakin mendukung UMKM akan membangkitkan ekonomi bangsa,” kata Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini.

Program pembinaan UMKM ini diharapkan dapat mendorong peningkatan ekonomi mikro, kecil dan menengah, serta memberikan penguatan pada pendapatan ekonomi guna meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Program pembinaan UMKM mitra PLN di seluruh Indonesia terus digencarkan dengan mengedepankan digitalisasi, sehingga diharapkan UMKM Indonesia dapat berkembang semakin pesat dan Go Global.

Sejak tahun 1992, PLN telah membina 43.958 UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia dengan total bantuan mencapai Rp349 miliar.
 

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024