Jayapura (ANTARA) - Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Kabupaten Lanny Jaya mengungkapkan, kepala keluarga pada tujuh distrik di wilayahnya menerima bantuan tunai sebesar Rp4 juta dari program Lanny Jaya Mandiri.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Kabupaten Lanny Jaya Viktor Ari dalam siaran persnya kepada Antara di Jayapura, Jumat, mengatakan penyerahan bantuan ini dilakukan secara langsung lewat Bank Papua dan tidak lagi melalui kepala distrik maupun kepala kampung sehingga dipastikan yang menerima bantuan masyarakat yang memenuhi kriteria penerima manfaat serta tepat sasaran.

"Yang berikut kami sesuaikan dengan jadwal dan ditargetkan September atau Oktober semua masyarakat terlayani, hal ini karena masyarakat penerima bantuan harus melakukan registrasi agar semua penerima tepat sasaran," katanya.

Menurut Victor, pihaknya memanggil masyarakat secara langsung untuk melakukan registrasi di Bank Papua dan memastikan juga penerima adalah masyarakat yang melakukan registrasi, sehingga penerima adalah orang yang terdaftar namanya lalu dapat dipastikan tepat sasaran.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Lanny Jaya Terius Yigibalom mengatakan pihaknya dari Komisi A dan C melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Bank Papua untuk melihat realisasi program Bupati dan Wakil Bupati Lanny Jaya yakni Lanny Jaya Mandiri, Cerdas dan Sehat.

"Hari ini kami melakukan sidak di Bank Papua, ternyata memang sedang berjalan program Lanny Jaya mandiri, di mana dana sesuai janji bupati, memberikan dana kepada setiap kepala keluarga penerima program Lanny Jaya Mandiri dan kami saksikan masyarakat sedang menerima manfaat itu," katanya.

Dia menjelaskan pihaknya mengapresiasi Bupati dan Wakil Bupati Lanny Jaya yang konsisten terhadap visi misi yang diimplementasikan melalui program di lapangan untuk menyentuh langsung masyarakat.

"Penyalurannya tidak lagi diwakili oleh kepala distrik atau kepala kampung tapi langsung diambil oleh masyarakat, hal ini adalah langkah maju yang dilakukan Pemda Lanny Jaya yang menyerahkan langsung kepada masyarakat dan melalui Bank," ujarnya.

Dia menambahkan Kabupaten Lanny Jaya yang dinilai masih baru namun sudah mengambil kebijakan yang luar biasa, di mana penyerahan bantuan sudah mengikuti perkembangan zaman yakni melalui bank sehingga dipastikan yang terdaftarlah yang menerima manfaat.

"Kami berharap ke depan di akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Lanny Jaya dapat mempertahankan kebijakan bantuan langsung tersebut kepada masyarakat," katanya lagi.
 

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024