Wamena, Papua (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Papua mengapresiasi pihak SMKS Pariwisata Yapesli Wamena di Kabupaten Jayawijaya karena mendukung peningkatan sumber daya manusia (SDM) siswa-siswi orang asli Papua di daerah itu.

Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Papua Christian Sohilait di Wamena,  Kamis, mengatakan walau lembaga itu di luar pemerintah namun memiliki kontribusi memajukan pendidikan anak-anak Papua.

"Atas nama dinas pendidikan, Gubernur Papua, saya ingin menyampaikan terimakasih kepada Yapesli yang sudah berbuat luar biasa, membantu kami pemerintah untuk peningkatan SDM," katanya.

Ia memastikan pihaknya juga sedang mengevaluasi lembaga-lembaga pendidikan untuk memastikan apakah semuanya berjalan baik atau tidak.

"Kita harus memberikan apresiasi karena banyak lembaga yang baik dan mereka serius menolong pengembangan SDM di Papua, walaupun ada juga yang kita sedang evaluasi," katanya.

Pada kunjungan itu ia melakukan peletakan batu pertama pembangunan sekolah satu atap tingkat TK, SD, SMP dan SMA 1,2, STMK, STIH Yapesli Wamena.

"Kita juga menyerahkan semua izin operasional dan surat-surat yang mereka butuhkan. Ada izin operasional, mereka mau buka SMK di Kabupaten Mamberamo Tengah dan di Kabupaten Nduga dan ini kita izinkan," katanya.

Mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Lanny Jaya itu juga menyerahkan bantuan kendaraan untuk mendukung pendidikan di Yapesli.

"Hari ini juga saya menyerahkan satu buah bus untuk mereka," katanya.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024