Jayapura (ANTARA) - Kodam XVII/Cemderawasih menggelar perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika terpusat tingkat daerah diikuti sebanyak 110 orang peserta siswa-siswi yang berada di Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom, Kamis.

Kegiatan Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Daerah di Wilayah Kodam XVII/Cenderawasih akan berlangsung selama dua hari bertempat di Lapangan Denzipur 10/KYD Waena, Kamis (24/6).

Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika dengan mengangkat  tema "Membangun Pembinaan Teritorial Yang Adaptif Melalui Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Daerah Guna Membentuk Generasi Muda Yang Berwawasan Kebangsaan dan Memiliki Semangat Bela Negara".

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono dalam amanat tertulis dibacakan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Papua Kristhina RIL Mano . mengucapkan selamat datang kepada para peserta dan pembina dalam kegiatan perkemahan Saka Wira Kartika.

"Kegiatan perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika ini bertujuan untuk membentuk, membina generasi muda bangsa yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil, berjiwa ksatria serta memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan kebhineka tunggal ikaan dengan semangat bela negara di masa depan," jelas Ibu Kristhina

Tujuan lain perkemahan ini, menurut Ka Kwarda, dapat menjadikan para generasi muda senantiasa bertaqwa kepada Tuhan YME, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil, berpengetahuan, sehat jasmani dan rohani serta memiliki kesetiaan kawanan yang tinggi.

Ka Kwarda berpesan para peserta senantiasa meningkatkan intensitas dan kualitas gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter bangsa.

"Generasi muda yang memiliki karakter yang akan menentukan nasib bangsa ini di masa mendatang. Disamping itu generasi muda juga harus memiliki mental, kepribadian yang kuat, ulet, tekun, disiplin, inovatif dan berkerja keras untuk dapat mendorong kemajuan bangsa dan negara ini," pesannya.

Di tempat yang sama, Asisten Teritorial Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teddy Arifiyanto S menyampaikan kegiatan kepramukaan sangat penting untuk dilaksanakan karena membentuk generasi muda yang berkarakter dan memiliki kepribadian yang bagus.

"Semoga dengan kegiatan ini dapat membuat, menambah dan meningkatkan kualitas, karakter dan kepribadian yang baik bagi generasi muda Papua khususnya di wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura serta Kabupaten Keerom," kata Aster Kasdam.

 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024