Jayapura (ANTARA) - Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura Bidang II membidangi pemasaran, SDM, teknologi informasi dan keamanan melakukan sosialisasi penyelenggaraan PON XX 2021 kepada pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) yang ada di klaster Kabupaten Jayapura. 

Acara sosialisasi tersebut berlangsung di Ballroom Hotel Horex, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

"35 hari menjelang tes event dan 46 hari menuju pembukaan PON XX, kami dari panitia Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura terus melakukan upaya-upaya sosialisasi dengan melibatkan stakeholder," ungkap Wakil Ketua Umum (Waketum) II Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura Alberth Yoku melalui laman resmi daerah Pemkab Jayapura, Minggu.

Ia mengatakan sosialisasi bagi pelaku usaha di Kabupaten Jayapura itu dilakukan dengan memperhatikan empat sukses PON XX Papua, di antaranya sukses perencanaan, penyelenggaraan, administrasi dan sukses ekonomi.

"Kegiatan yang dilakukan hari ini oleh Bidang II Koordinator Sub Bidang Pemasaran dengan mengumpulkan pelaku usaha kecil dan mikro agar diberi pelatihan dan juga bimbingan teknis guna memanfaatkan peluang bisnis pada saat pelaksanaan PON sebagai bagian untuk mendapatkan income (pendapatan)," kata mantan Ketua Sinode GKI di Tanah Papua itu.

Dalam acara tersebut, Panitia Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura melalui Bidang II Koordinator Sub Bidang Pemasaran menunjukkan empat zona yang di dalamnya terdapat sejumlah arena olahraga PON.

Kemudian, para pelaku UMK yang mempunyai usaha-usaha atau produk nantinya akan dipasarkan di empat zona arena PON tersebut.

Produk yang dipasarkan di sana adalah suvenir dan kuliner, dengan lebih banyak melibatkan orang asli Papua.

PON XX Papua klaster Kabupaten Jayapura, sambung dia, diharapkan dapat memberi banyak pendapatan guna meningkatkan perekonomian orang asli Papua.

"Mereka punya usaha-usaha yang ada ini, tapi kita akan menunjukkan kepada mereka peluang-peluang bisnis yang terbuka pada pelaksanaan PON XX nanti melalui empat zona yaitu, zona Kampung Harapan, zona Stadion Barnabas Youwe, zona AURI dan zona Doyo Baru," ujar Alberth.

Dengan demikian, menurut dia, para penonton yang datang ke arena PON dapat membeli suvenir dan mencicipi kuliner demi meningkatkan perekonomonian warga.

"Tempat-tempat strategis itulah yang kami arahkan untuk menjadi sarana agar mereka dapat berjualan atau memasarkan produknya di situ," tutur Alberth Yoku yang juga Ketua FKUB Kabupaten Jayapura. 

Sementara itu, Koordinator Sub Bidang Pemasaran David A Zakaria mengatakan sosialisasi penyelenggaraan PON XX tahun 2021 di Kabupaten Jayapura bagi para pelaku usaha kecil dan mikro itu bertujuan untuk menyukseskan pelaksanaan PON XX 2021. 

"Jadi, ini sosialisasi kesiapan panitia Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura, terkait venue berbagai cabang olahraga, dan semua stakeholder yang terlibat di dalamnya secara khusus untuk para pelaku usaha," ungkap David yang juga Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Pemkab Jayapura.

Ia menambahkan, sub PB PON Papua klaster Jayapura memberikan sosialisasi tersebut agar bisa membuka pemahaman dan mindset para pelaku usaha, bagaimana mereka bisa meraih peluang untuk meningkatkan perekonomian mereka. 

Ia juga menyebutkan ada beberapa bidang usaha yang akan berperan, seperti kerajinan tangan, suvenir, batik dan kuliner lokal.

"Produk-produk unggulan daerah, seperti suvenir, kerajinan tangan dan juga sektor kuliner khas Papua itu akan dijual di dalam galeri-galeri khusus yang difasilitasi oleh Bidang Sosial Ekonomi Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura," terang David.

Acara sosialisasi tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) II Sub PB PON Klaster Kabupaten Jayapura Alberth Yoku serta didampingi Wakil Ketua Bidang II Theophilus H Tegay, Koordinator Sub Bidang Pemasaran David A Zakaria, Ketua PHRI Kabupaten Jayapura yang juga Wakil Ketua Bidang III Sarana Penunjang Sub PB PON Klaster Kabupaten Jayapura Bambang Zulhadi dan para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Jayapura. 

Melalui sosialisasi itu, diharapkan para pelaku usaha mendapatkan informasi langsung dari Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura untuk memanfaatkan peluang pada saat pelaksanaan PON XX Tahun 2021 yang rencananya akan dilaksanakan pada Oktober mendatang, di mana pembukaan dan penutupan ajang olahraga terakbar di Indonesia ini akan digelar di Kabupaten Jayapura, tepatnya di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. 
 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024