Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri, Jumat, memimpin sertijab Karo Operasi Polda Papua dan dua kapolres yakni Kapolres Puncak Jaya dan Kapolres Biak Numfor.

Sertijab yang berlangsung di aula Rastra Samara Polda Papua tersebut dihadiri Waka Polda Papua Brigjen Pol Eko Rudi Sudarto dan pejabat di lingkungan Polda Papua.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri dalam sambutannya mengatakan, serah terima jabatan bertujuan sebagai regenerasi kepemimpinan dengan memberikan kesempatan kepada para perwira, untuk mengembangkan karier melalui jenjang penugasan yang beragam.
 
Dengan adanya penyegaran diharapkan dapat meningkatkan kinerja Polri dalam mengantisipasi setiap perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam masyarakat.
 
Seluruh unsur pimpinan diharapkan tidak bosan untuk mengingatkan jajarannya agar dalam melaksanakan tugas di lapangan lebih mengutamakan tindakan persuasif, preventif, dan preemtif sehingga meminimalisir korban baik nyawa maupun materi serta menghindari pelanggaran-pelanggaran.
 
Upaya pimpinan membangun lembaga Polri menuju kelas dunia (world class organization) juga akan runtuh seketika, saat masih ada oknum polisi yang melakukan pungli dan kekerasan kepada masyarakat, kata Irjen Pol Fakhiri.
 
Ditambahkan, untuk Kapolres Nabire yang baru saat ini masih dihadapkan dengan adanya pemungutan suara ulang (PSU) yang telah dilaksanakan, namun masih menunggu hasil PSU tersebut.
 
Untuk itu hendaknya selalu meningkatkan komunikasi dan kemitraan terhadap pemangku kepentingan, tokoh masyarakat dan tokoh adat guna menghindari dampak yang akan terjadi usai putusan hasil PSU Kabupaten Nabire nantinya.
 
Selain itu hingga kini juga masih dihadapkan salah satu masalah sosial yaitu merebaknya pandemi COVID-19 atau virus corona yang setiap hari memakan jumlah korbannya bertambah.
 
"Sebagai penegak hukum, Polri harus memainkan perannya dalam upaya pengendalian penyakit, dengan memberikan edukasi kepada masyarakat, dan melakukan penindakan terhadap tindak kejahatan yang melihat wabah sebagai kesempatan untuk melakukan berbagai tindak kejahatan," kata Irjen Pol Fakhiri.
 
Sementara itu, para pejabat yang di serahterimakan yaitu Karo Ops Polda Papua dari Kombes Pol Jermias Rontini kepada Kombes Pol Tri Atmodjo Marawasianto, Kapolres Nabire dari AKBP Kariawan Barus, kepada AKBP I Ketut Suarnaya dan Kapolres Biak Numfor dari AKBP Andi Yoseph Enock kepada AKBP Adi Tri Widiyanto. Kapolres Puncak Jaya dijabat Kompol Ridwan sebagai pejabat sementara (Pjs)

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024