Jayapura (ANTARA) - Jajaran Pangkalan TNI AU (Lanud) Silas Papare Jayapura segera mendistribusikan 485.200 dosis vaksin COVID-19 di wilayah Provinsi Papua.

Komandan Lanud (Danlanud) Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi dalam siaran persnya di Jayapura, Senin, mengatakan vaksin ini akan didistribusikan ke Kota Jayapura sebanyak 161.400 dosis, Kabupaten Merauke 90.100 dosis, Mimika 143.200 dosis, Kabupaten Jayapura 64.000 dan Keerom 26.500 dosis.

"Vaksin Sinovac dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ini dialokasikan untuk masyarakat Papua," katanya.

Menurut Danlanud Budhi, atas kebijakan dari Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, TNI AU diberikan amanah untuk membantu pelaksanaan pendistribusian vaksin kepada seluruh masyarakat Papua.

"Ini adalah bentuk kepedulian Panglima TNI, dan seluruh prajurit TNI, terkhusus TNI AU terhadap penanganan COVID-19 di Provinsi Papua," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya mengharapkan dapat meringankan beban pemerintah daerah Papua dan masyarakat Papua dalam menghadapi masa pandemi COVID-19.

Sementara itu,  Kapten Pilot Pesawat Boeing 737/AI 7302 dari Skuadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar Mayor Pnb Hendro Sukamdani mengatakan pihaknya akan langsung mendistribusikan vaksin tersebut ke Timika dan Merauke pada Senin (16/8).

"Kami mendapat amanah dari pimpinan TNI dan TNI AU untuk melaksanakan perbantuan pendistribusian vaksin di wilayah Papua," katanya.

Sebanyak 485.200 dosis vaksin COVID-19 tiba di Bandara Sentani dan langsung dibawa ke Base Ops Lanud Silas Papare untuk segera didistribusikan pada Senin (16/8).

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024