Timika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat menggelar upacara tabur bunga di kawasan Pelabuhan Pomako, Distrik Mimika Timur untuk menyambut HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Senin.

Kegiatan tabur bunga tersebut dipimpin Komandan Pangkalan TNI AL Timika Letkol Laut Pelaut Deni Indra selaku inspektur upacara, dihadiri unsur Forkopimda Mimika, diantaranya Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata, dan Dandim 1710 Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya.

Meski diguyur hujan lebat, upacara tabur bunga tersebut tetap berlangsung dengan hikmad dan lancar.

Sekretaris Daerah Mimika Michael Gomar menyebut kegiatan tabur bunga dimaksudkan untuk menghormati arwah para pahlawan yang telah berjuang mengorbankan jiwa dan raganya untuk membebaskan bumi pertiwi Indonesia dari penjajahan atau kolonialisme.

Puncak acara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Mimika akan ditandai dengan peringatan detik-detik Proklamasi bertempat di halaman kantor pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika pada Selasa, 17 Agustus 2021 mulai pukul 08.00 WIT.

Komandan Kodim 1710 Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya menyebut upacara peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI tahun ini dilaksanakan secara sederhana, tanpa dihadiri banyak orang karena berlangsung di tengah pandemi COVID-19, dimana Mimika merupakan salah satu zona merah dengan penerapan PPKM Level IV.

"Sudah ada panduannya, peserta upacara memang dibatasi karena kita masih dalam suasana pandemi COVID-19. Tahun ini kami dari Kodim 1710 Mimika yang mempersiapkan adik-adik pelajar SMA-SMK sebagai Paskibra," kata Letkol Yoga.

Meskipun perayaan 17 Agustus tahun ini tidak semeriah dibanding tahun-tahun sebelumnya, Dandim Mimika berharap hal itu tidak sampai mengendurkan semangat rasa nasionalisme warga Mimika.

"Mari kita mengisi alam kemerdekaan ini dengan melakukan hal-hal positif untuk kemajuan diri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara," ujar Letkol Yoga.
 

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024