Biak (ANTARA) - Anak-anak Sekolah Dasar Ibdi merasa senang dan bahagia karena diajarkan prajurit TNI Babinsa Posramil 1708-01/Biak Timur Sertu Wahyu Hendro Patrias Setiawan yang datang mengajar untuk memberikan materi pembelajaran Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Peraturan Baris Berbaris (PBB).

Pelajaran  untuk siswa D Eben Haizer Ipdi di Kampung Rim, Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua tersebut dalam rangka menanamkan sikap disiplin dan cinta tanah air kepada anak usia dini.

Babinsa Posramil Biak Timur Kodim 1708 Biak Sertu Wahyu Hendro Patrias Setiawan mengatakan, pemberian materi pembelajaran Wawasan Kebangsaan dan PBB bagi para pelajar sekolah dasar sebagai bentuk apresiasi dan kepedulian aparat teritorial dalam menunjang pembelajaran dunia pendidikan saat di masa pandemi COVID-19.

"Kegiatan pemberian materi wasbang dan PBB kepada para pelajar mempunyai maksud  untuk memberikan wawasan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta meningkatkan kedisiplinan siswa agar tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal yang bersifat negatif yang akan merusak masa depannya," ujar Babinsa.

Apabila rasa cinta Tanah Air dan bela negara senantiasa tertanam pada para siswa, menurut Babinda Sertu Wahyu, maka para pelajar akan belajar lebih giat lagi untuk mencapai prestasi setinggi-tingginya mengejar cita-citanya.

"Sehingga diharapkan ke depannya bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang maju dan tidak mudah terpecah- belah," kata Babinsa Posramil Biak Timur Sertu Wahyu

Sertu Wahyu Hendro Patrias Setiawan mengatakan wasbang juga memberikan pemahaman kepada para pelajar agar menghargai perbedaan budaya, adat istiadat, dan toleransi antar umat beragama.

Diharapkan Sertu Wahyu, dengan adanya pembelajaran wawasan kebangsaan ini, dapat mengetahui akan kebenaran sejarah tentang perjuangan Bangsa Indonesia.

"Semangat anak-anak untuk belajar wawasan kebangsaan dan peraturan baris berbaris sangat antusias karena siswa diajarkan langsung praktek ilmu yang diajarkan," katanya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD YPK Eben Haizer Silas Ronsumbre menyampaikan terima kasih kepada prajurit Babinsa Posramil Biak Timur karena telah mengisi kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan disiplin anak-anak didiknya.

"Kepedulian TNI mengajar sebagai bagian dari pembinaan terhadap para pelajar generasi penerus bangsa sebagai kader-kader pemimpin bangsa yang nantinya diharapkan menjadi generasi penerus yang berkualitas, mumpuni dan berdisiplin tinggi sebagai bekal pada masa depannya ,"harap Kepala Sekolah Sllas Ronsumbre.


 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024