Biak (ANTARA) - Puncak kegiatan bakti sosial alumni Akabri 1999 menggelar vaksinasi massal COVID-19 di wilayah Kabupaten Biak Numfor dengan tema “AKABRI 99 Peduli” di Rumkital dr. R. Gandhi AT berjalan dengan lancar dan tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes) ketat, Sabtu (16/10)

Turut hadir di antaranya Komandan Lanal Biak Kolonel Mar Karlos R. Deda, Kapolres Biak Numfor AKBP Adi Tri Widiyanto, Kasi Intel Kasrem 173/PVB Kolonel Inf Donny Pramono, Kasi Ops Kasrem 173/PVB Kolonel Inf Rudianto, Asops Kosek Hanudnas IV Biak Kolonel Pnb Arnold Fernando Sitorus, serta Ka Rumkital dr. R. Gandhi A.T. Letkol Laut (K) Sigit Wijanarko.

Untuk tim nakes serbuan vaksinasi terdapat empat tim yang terdiri dari gabungan TNI/Polri yaitu 6 Personel Rumkital dr. R. Gandhi A.T.,  6 Personel Poli Klinik Polres Biak.,  3 Personel Denkesyah 17.04.03 Biak dan 3 Personel RSAU Manuhua Biak.

Kegiatan vaksinasi tim kesehatan gabungan TNI/Polri dimulai dengan registrasi peserta dengan persyaratan menyertakan kartu identitas atau kartu keluarga dan nomer handphone aktif,  screening kesehatan dengan pengukuran tensi dan wawancara riwayat kesehatan terhadap peserta.

Penyuntikan vaksin  tim kesehatan, observasi terhadap peserta pasca penyuntikan vaksin dengan jangka waktu 30 menit hingga penyerahan sertifikat vaksinasi terhadap peserta yang telah divaksin.

Asops Kosek Hanudnas IV Biak Kolonel Pnb Arnold Fernando Sitorus mewakili alumni Akabri 1999 mengatakan,  pada dasarnya kegiatan ini adalah bagian dari bakti sosial dari Akabri lulusan 1999 untuk mendukung program pemerintah terhadap vaksinasi COVID-19.

"Di masa pandemi seperti ini tentunya kita juga harus memahami bahwa kegiatan ini adalah bagian dari pencegahan penyebaran penyakit COVID-19. Kami sangat berterima kasih kepada peserta yang mau datang di kegiatan yang kami laksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, sebagai bakti kami Akabri lulusan 1999 untuk masyarakat terutama di Biak,"ujarnya.

Kapolres Biak Numfor AKBP Adi Tri Widiyanto SH. SIK turut menyapa para peserta vaksinasi yang mayoritas datang dari beberapa kampung di Distrik Biak Timur. 

"Terimakasih atas kehadirannya dalam kegiatan ini, semoga menjadi contoh bagi warga lain yang belum divaksin COVID-19 untuk mau datang agar kita sama-sama mendukung pemerintah dalam penanganan virus corona," ungkap Kapolres.

Diharapkan, melalui kegiatan Alumni Akabri 1999 Peduli ini, kebersamaan dan sinergitas dari setiap alumni Akabri 1999 yang sudah ada bisa tetap terjaga hingga seterusnya.

Sementara itu, masyarakat kampung Mama Liz Kafiar dari Kantor UPTD Taman Burung dan Taman Anggrek Biak Timur  menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Alumni Akabri 99 dan mengajak warga Biak yang belum divaksin untuk ikut melakukan vaksinasi COVID-19.

Total masyarakat yang mengikuti vaksin 268 orang berasal Kampung Ruar, Kampung Rim, Kampung Mandon dan Kampung Afefbo Distrik Biak Timur Kabupaten Biak Numfor.

Dari 268 orang yang divaksin dengan keterangan vaksin pertama sebanyak 159 orang, vaksin kedua 101 orang,  vaksin ketiga (khusus nakes) sebanyak 8 orang.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024