Jayapura (ANTARA) - Bupati Kabupaten Yahukimo, Papua Didimus Yahuli meminta para kepala kampung di wilayahnya agar membantu membangun kampung dengan penuh tanggung jawab untuk kesejahteraan warga setempat.

"Saya sangat berharap kepala kampung di Kabupaten Yahukimo  bahu membahu membangun kampung masing-masing mengingat pemerintah sudah mengalokasikan dana desa yang jumlahnya cukup banyak yakni rata-rata Rp 1 miliar, "kata Bupati Didimus kepada Antara di Jayapura, Kamis. 

Dikatakan, bantuan dari kepala kampung sangat dibutuhkan guna mewujudkan visi misi pemerintah Kabupaten Yahukimo yakni Yahukimo sehat,  cerdas dan mandiri. 

Saat ini sebanyak 510 kepala kampung sudah dilantik di Dekai, ibukota Kabupaten Yahukimo dan diharapkan segera kembali ke kampung untuk membantu melaksanakan berbagai program yang didanai dana kampung hingga kesejahteraan masyarakat terwujud. 

"Bila dana kampung digunakan semaksimal pasti masyarakat di kampung sejahtera dan menikmati pembangunan, "ungkap Didimus seraya berharap nantinya dana tersebut tidak digunakan untuk hal-hal negatif. 

Ketika ditanya tentang kampung terjauh, Bupati Didimus Yahuli mengaku yang terjauh adalah Suntamon yang terletak di Distrik Suntamon. 

Untuk mencapai kampung tersebut,lanjutnya, hanya dapat dilakukan dengan menggunakan pesawat berbadan kecil seperti cessna karena panjang lapangan terbangnya terbatas. 

"Sebagian besar kampung di wilayah Kabupaten Yahukimo hanya dapat dijangkau melalui udara, "jelas Bupati Didimus Yahuli. 

 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024