Yapen Kepulauan (ANTARA) -
Personel TNI Babinsa Koramil 1709-04/Yapen Barat Kodim 1709/Yawa Kopda Aan Kurniawan melatih anak-anak Kampung Poom 2 Distrik Poom, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua menyanyikan lagu kebangsaan dan perjuangan nasional, Selasa.

Babinsa Kopda Aan mengatakan, lagu perjuangan nasional Indonesia saat ini jarang diputar maupun dinyanyikan, hanya diperdengarkan pada hari-hari besar kebangsaan ataupun upacara.

Bahkan nyanyian lagu perjuangan nasional semakin tergeser dengan lagu-lagu populer yang ada saat ini sehingga banyaknya generasi muda yang tidak hafal terhadap lagu kebangsaan, lagu perjuangan dan lagu nasional Indonesia.

"Saya berinisiatif untuk menghidupkan kembali pengetahuan lagu nasional sejak dini kepada anak-anak yang ada di wilayah binaannya," ungkap Babinsa Kopda Aan Kurniawan.

Diakuinya, sangat penting untuk menghidupkan kembali lagu-lagu perjuangan nasional di kalangan generasi muda, dengan harapan, kecintaan kepada bangsa dan negara tidak akan pudar dan hilang.

"Ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menghidupkan lagu-lagu perjuangan nasional karena lagu ini masuk lewat rasa sehingga lebih mudah dirasakan dan dihayati, sebab dibalik lagu-lagu perjuangan mengandung hikmah, pesan, dan amanat kebangsaan,"ujarnya.

Babinsa mengatakan, terbukti dengan kehadirannya bersama anak-anak, meskipun mereka tak hafal dengan lagu kebangsaan dan lagu perjuangan nasional, namun mereka sangat antusias dan penuh keceriaan untuk mempelajari dan menghafalk lagu perjuangan nasional Indonesia.

"Semoga kedepannya tak ada lagi generasi muda bangsa ini yang tak mengetahui dan tidak hafal dengan lagu kebangsaan dan lagu perjuangan nasional,"harap Kopda Aan

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024