Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 102.849 pelanggan di Papua dan Papua Barat telah menggunakan aplikasi "PLN mobile" untuk mempermudah menikmati pelayanan listrik di daerah setempat.

Layanan listrik PLN antara lain pembayaran tagihan listrik, pembelian token, pelayanan pasang baru dan tambah daya, pencatatan meter secara mandiri (SwaCAM) serta masih banyak lagi fitur-fitur lainnya.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B) Abdul Farid di Jayapura, Senin, mengatakan pihaknya masih terus memperkenalkan "PLN Mobile" kepada pelanggan di Papua dan Papua Barat.

“Kini tercatat 102.849 pengguna di Papua dan Papua Barat telah memanfaatkan aplikasi ini atau sekitar 13.79 persen dari total 745.653 pelanggan PLN," katanya.

Menurut Farid, PLN Mobile merupakan salah satu kemudahan yang diberikan PLN kepada pelanggan di mana dengan aplikasi ini, pelanggan akan semakin mudah mendapatkan layanan tanpa perlu datang ke kantor.

"Ini sangat membantu bagi pelanggan dengan lokasi jauh dari kantor terdekat kami, atau yang memiliki kesibukan dan waktu terbatas," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk meningkatkan "awareness" terkait PLN Mobile, PLN juga terus melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat, kegiatan ini dilaksanakan di seluruh Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) di wilayah Papua dan Papua Barat.

“Delapan UP3 telah melakukan sosialisasi ini, kami bekerja sama dengan perguruan tinggi, pemerintah daerah serta instansi lain, harapannya, pelanggan yang belum tahu dapat tercerahkan serta pelanggan yang mungkin telah menggunakan PLN Mobile dapat lebih mengerti layanan apa saja yang bisa dilakukan melalui aplikasi ini,” katanya.

Dia menambahkan selain pengenalan terhadap PLN Mobile, dalam sosialisasi tersebut PLN juga menyampaikan edukasi terkait kelistrikan kepada pelanggan, di mana listrik kini telah menjadi kebutuhan primer di masyarakat.

"Kami sebagai penyedia listrik tentu berupaya memastikan suplai listrik untuk pelanggan dapat terus andal namun PLB juga perlu dukungan seluruh masyarakat untuk bersama menjaga fasilitas listrik yang ada agar kebutuhan listrik tetap aman  dimanfaatkan secara maksimal," ujarnya.


Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024