Jayapura (ANTARA) - Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Papua Yulce W. Enembe mengajak warga di tanah Papua untuk gemar makan ikan karena mengandung gizi tinggi yang baik dalam rangka pertumbuhan tubuh dan kesehatan diri secara umum.

"Selain protein yang tinggi, ikan juga mengandung asam lemak omega-3 yang dibutuhkan untuk pertumbuhan otak, serta vitamin D, mineral kalsium maupun mineral fosfor, dimana ketiganya dibutuhkan anak dalam pertumbuhan tulang,"ujar Yulce Enembe  Enembe di Jayapura, Selasa.

Diakuinya Yulce, yang pasti ikan kaya akan vitamin dan mineral lain seperti vitamin B2, zat besi, zinc (seng), yodium, magnesium, dan kalium.

"Semua vitamin dan mineral tersebut tentu sangat dibutuhkan anak untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan,” ungkap Yulce Enembe di Jayapura.

 Disebutkan Yulce, selain untuk membangkitkan sektor perikanan Papua dengan gemar makan ikan juga sangat baik untuk menghindari kasus stunting (kekerdilan) atau tinggi badan pendek pada anak seusianya yang terjadi di beberapa daerah.

 " Kalau anak gemar makan ikan maka dia akan sehat, kuat, cerdas dan kedepan dapat tumbuh generasi muda Papua kuat yang ikut mengisi pelaksanaan pembangunan di Papua kedepan,"harap istri Gubernur Papua melalui humas pemprov Papua..

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua Iman Djuniawal dalam program kerjanya berkomitmen kuat menjadikan sektor kelautan dan perikanan sebagai penggerak perekonomian masyarakat. Sebab Papua memiliki potensi sumberdaya kelautan dan perikanan yang sangat besar.

Dimana program gemar makan ikan menjadi salah satu yang diusung untuk menjadikan sektor kelautan sebagai motor penggerak ekonomi masyarakat.

"Bersama dengan Forikan, kita akan terus kampanyekan gemar makan ikan di masyarakat,”ungkapnya.

 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024