Jayapura (ANTARA) -
Badan Pusat Statistik (BPS) menggelar rapat koordinasi data konsolidasi data penduduk hasil Sensus Penduduk 2020 di Provinsi Papua
 
Deputi Bidang Statistik Sosial BPS Ateng Hartono di Jayapura, Kamis, mengatakan data kependudukan hasil sensus penduduk merupakan hal paling penting untuk peran pembangunan karena bisa sebagai subjek dan objek pembangunan.
 
"Salah satu yang akan dibahas dalam rapat konsolidasi adalah langkah seperti apa yang akan diambil agar dapat berkolaborasi untuk menghasilkan data," katanya.
 
Menurut Ateng, misalnya untuk data jumlah Orang Asli Papua, maka BPS harus berkolaborasi dengan pemerintah daerah khususnya instansi yang terkait dengan kependudukan.
 
"Dalam pertemuan tersebut maka secara bersama-sama kami akan menggali informasi-informasi terkait data kependudukan," ujarnya.
 
Dia menjelaskan pihaknya berharap kondisi pandemi COVID-19 dapat segera berakhir dan tahun depan dapat mendata dengan lebih leluasa lagi untuk memperoleh data yang dibutuhkan.
 
"Kondisi force major yakni pandemi COVID-19 pada tahun lalu menyebabkan kami tidak dapat maksimal melaksanakan SP2020," katanya lagi.
 
Dia menambahkan pihaknya terus berencana agar apa yang diinginkan dapat diperoleh di mana pihaknya membutuhkan dukungan semua elemen untuk menyukseskannya.
 

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024