Jayapura (ANTARA) - Rakornas Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) memberikan penghargaan awards 2021 kepada lima provinsi dan tujuh kabupaten/kota pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) TPAKD 2021 di Jakarta, Kamis (16/12/2021).

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengharapkan, dapat semakin meningkatkan komitmen dan sinergi seluruh pemangku kepentingan dalam rangka meningkatkan literasi dan inklusi keuangan yang berimplikasi pada Pemulihan Ekonomi Nasional.

"Serta pencapaian target inklusi keuangan sebesar 90 persen pada tahun 2024,"ungkap Wimboh Santoso pada kegiatan rakornas TPAKD tahun  2021 yang diikuti ANTARA Papua secara virtual dari Jayapura,Kamis.

Wimboh juga meminta dukungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk membentuk TPAKD di seluruh tingkat kabupaten/kota di seluruh wilayah Indonesia sebagai akselerator dalam rangka mendorong ketersediaan dan pemanfaatan produk/layanan jasa keuangan formal sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan masyarakat di daerah.

Mendagri  diwakili Kepala Balitbang Kemendagri Agus Fatoni menjelaskan, peranan TPAKD dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi  di masa pandemi sangatlah dirasakan karena membantu ketersediaan akses keuangan  bagi masyarakat.

"Layanan TPAKD antara lain untuk mendapatkan pembiayaan usahanya,"ujar Agus Fatoni.

Diharapkan kepada seluruh kepala daerah untuk membentuk TPAKD sebagai langkah nyata memberikan akses keuangan seluasnya kepada masyarakat serta untuk mengoptimalkan potensi unggulan daerah serta keselarasan rencana kerja pemerintah daerah.

Sementara itu, Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara dalam sambutannya menyampaikan bahwa sampai dengan Desember 2021, telah terbentuk 325 TPAKD di 34 provinsi dan 291 kabupaten/kota

Lima provinsi mendapat penghargaan TPAKD Award 2021 tingkat provinsi di antaranya Provinsi Lampung kategori terbaik dalam Inovasi Pengembangan Akses Keuangan di sektor pertanian.

Provinsi Jawa Barat terbaik dalam Implementasi pembiayaan melalui pola kemitraan, Provinsi Sumatera Utara kategori erbaik dalam penyediaan ragam akses keuangan.

Sementara Provinsi DKI Jakarta meraih penghargaan terbaik dalam Inovasi Pengembangan Program Inklusi Keuangan di Wilayah Perkotaan
serta Provinsi Jawa Tengah terbaik dalam Program Pemberdayaan UMKM

Untuk penghargaan TPAKD tujuh Kabupaten/Kota peraih penghargaan yakni TPAKD Kabupaten Tegal terbaik dalam Inovasi Program Pengembangan Digitalisasi UMKM, TPAKD Kota Tebing Tinggi terbaik dalam Inovasi Program Pemberdayaan UMKM.

Dan TPAKD Kabupaten Gianyar terbaik dalam Inovasi Program Penyediaan Akses Pembiayaan bagi Keluarga Pra-Sejahtera. serta TPAKD Kabupaten Gunung Kidul terbaik dalam Inovasi Program Digitalisasi Akses Keuangan di Sektor Pariwisata.

Sedangkan TPAKD Kabupaten Lombok Timur terbaik dalam Inovasi Program Pengembangan Akses Keuangan di Sektor Peternakan,TPAKD Kabupaten Flores Timur terbaik dalam Penyediaan Akses Keuangan di Wilayah Kepulauan.serta TPAKD Kabupaten Siak terbaik Dalam Penyediaan Akses Keuangan di Wilayah Terpencil.


 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024