Tigi, Deiyai (ANTARA) - Babinsa Koramil 1703-02/Tigi Sertu Djoko Rianto mengajarkan materi wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada siswa Sekolah Dasar YPPK Waghete II Distrik Tigi, Kabupaten Deiyai, Papua, Kamis.

Dalam keterangan tertulis Pendam XVII/Cenderawasih yang diterima ANTARA, Kamis, Sertu Djoko Rianto mengatakan pelajaran materi Wasbang kepada murid Sekolah Dasar ini bertujuan untuk menanamkan jiwa patriotisme sejak dini serta sebagai pengetahuan wawasan para murid.

"Pemberian materi wasbang agar siswa dapat menjadi generasi penerus bangsa yang handal serta dapat dibanggakan bagi orang tua, masyarakat, bangsa dan negara," kata Babinsa.

Sertu Djoko Rianto menjelaskan, pemberian materi Wasbang kepada murid SD yang masih usia dini untuk dapat dicerna, dipahami dan dimengerti dilaksanakan dalam kehidupan siswa-siswi baik di lingkungan sekolah maupun keluarga dan masyarakat.

"Pemberian materi hanya memberikan dasar-dasar pengetahuan wawasan kebangsaan, seperti materi tentang Pancasila, agar mudah dicerna dan dipahami. Selain memberikan materi tentang Pancasila, Babinsa juga mengajarkan tentang kedisiplinan, kekompakan serta kebersamaan secara santun," jelasnya.

Diakui Sertu Joko, pada fase usia seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan yang memadai untuk mengarahkan mereka dalam meraih cita-citanya.

Sementara itu, Guru pembimbing Feby Mote berharap, dengan diberikannya Wasbang, dapat menumbuhkan rasa bela negara, rasa cinta tanah air, dan berwawasan kebangsaan para siswa.

"Harapannya nantinya dapat menjadi generasi muda yang membanggakan bagi nusa dan bangsa Indonesia, seperti bapak Babinsa ini," ungkap Feby Mote.

Feby berharap, ilmu pengetahuan yang diberikan Babinsa dapat menambah bekal ilmu dan wawasan yang berguna dan bermanfaat di kemudian hari.

"Kami juga sangat berharap bapak Babinsa akan rutin memberikan materi Wasbang kepada murid kami khususnya di SD YPPK ini," ujarnya.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024