Manokwari (ANTARA) - Badan SAR Nasional (Basarnas) kabupaten Manokwari Papua Barat kampanyekan penyelamatan lingkungan pesisir pantai melalui aksi penanaman mangrove dan transplantasi terumbu karang di Pulau Raimuti Manokwari, Rabu.

Aksi penanaman mangrove dan transplantasi terumbu karang bersama sejumlah komunitas pencinta lingkungan daerah setempat, untuk menyambut ulang tahun ke-50 atau ulang tahun emas Basarnas Republik Indonesia 28 Februari 2022 mendatang.
 
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari melalui Kepala urusan umum Ma'tan Pakidi mengatakan aksi tersebut digelar serentak secara nasional untuk menjaga keseimbangan alam terutama wilayah pesisir pantai dari ancaman bencana.
 
"Penanaman mangrove dan transplantasi terumbu karang ini adalah salah satu agenda pusat yang harus dilaksanakan Kantor SAR seluruh Indonesia bertujuan untuk menjaga kelestarian alam kita," ujar Pakidi.
 
Ia mengatakan usia 50 tahun Basarnas menjadi momentum untuk semua pihak melakukan pengendalian dan pencegahan terhadap ancaman bencana alam.
 
"Semua kita bertanggung jawab melestarikan alam untuk kebaikan dan keselamatan bersama. Kalau kita jaga alam, alam pasti jaga kita," ucap Pakidi. 
 
 

Pewarta : Hans Arnold Kapisa
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024