Jayapura (ANTARA) - KPU Provinsi Papua bersama segenap jajaran staf sekretariat ikut turut serta dalam peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024 secara virtual di Jayapura Senin (14/2) malam tepatnya pukul 21.00 WIT.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua Bawaslu Papua dan perwakilan partai politik. 

“Kegiatan ini sebagai momen istimewa yang digelar secara nasional, khususnya bagi kami selaku penyelenggara dalam mempersiapkan Pemilu secara profesional dan berintegritas,” kata Ketua KPU Provinsi Papua, Diana Dorthea Simbiak dalam siaran pers kepada Antara di Jayapura, Senin malam.

Menurut Diana, dengan rentan waktu selama dua tahun setelah peluncuran Pemilu Serentak 2024, KPU Papua dan jajaran KPU di 29 kabupaten/kota menyatakan siap melaksanakan semua tahapan pelaksanaan Pemilu sebagaimana jadwal nasional pada 14 Februari 2024.

“Secara tahapan tentunya dimulai dari sosialisasi terkait pelaksanaan pemilu, selanjutnya terkait anggaran dan yang paling penting adalah pemuktahiran data,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota KPU Papua Adam Arisoy mengatakan KPU diberikan waktu yang sangat panjang untuk mempersiapkan tahapan Pemilu Serentak pada 2024.

“Jadi penyelenggara mencanangkan hari ini dengan memberikan satu landasan, kepastian hukum dalam hal penyiapan semua perangkat pelaksanaan dalam mempersiapkan Pemilu Serentak di tahun 2024,” katanya.

Dia menambahkan tentunya dengan persiapan-persiapan tersebut akan menjadi bagian yang sangat penting bagi penyelenggara dalam hal melakukan konsolidasi dan sosialisasi pelaksanaan tahapan Pemilu Serentak 2024 bersama pemerintah, partai politik maupun peserta untuk menyukseskan pemilu serentak di 2024.

“Yang pasti dalam hal kesiapan, KPU memiliki banyak waktu untuk menyiapkan semua program Pemilu Serentak termasuk dukungan SDM khususnya penyelenggara tingkat bawah,” ujarnya.

Pewarta : Redaktur Papua
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024