Jayawijaya (ANTARA) - Bupati Jayawijaya, Papua Jhon Banua didampingi Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Arif Budi Situmeang dan  pejabat TNI/Polri melakukan panen raya kopi arabica dan hipere (ubi) bersama warga Kampung Yagara, Distrik Walesi.

Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Arif Budi Situmeang dalam keterangan diterima, Jumat, mengungkapkan hadir panen raya kopi milik petani binaan Babinsa Koramil 1702-01/Wamena dalam rangka mewakili Pangdam XVII/Cenderawasih.

"Kegiatan panen raya dilaksanakan diawali dengan pengecekan lahan kebun kopi, kebun keladi dan kebun ketela oleh Bupati beserta rombongan, kemudian dilanjutkan panen raya,"ungkap Letkol AB Situmeang.

Sementara itu, Ketua Kebun Kopi Yagara Maximus menyampaikan aspirasinya dan mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati dan Dandim Jayawijaya atas perhatiannya sehingga kebun kopi ini bisa berlanjut untuk dipanen dan dipasarkan ke luar kota Wamena.

"Terimakasih juga untuk Babinsa Koramil Kota Wamena yang telah membantu memperbaiki jembatan menuju ke perkebunan kami. Bahkan Babinsa juga ikut menanam dan menjaga kebun ini sehingga kita bisa panen bersama hari ini,"ujar Maximus.

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua menyampaikan ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah mengundang untuk hadir dalam panen raya kopi dan hipere.

"Saya melihat potensi-pertanian di sini sangat bagus dan kami Pemjab Jayawijaya akan siap membantu masyarakat apabila bisa memberikan contoh yang baik,"ungkap Bupati.

Diakui Bupati, Pemkab Jayawijaya akan bekerja sama dengan warga untuk terus memajukan Kopi Wamena dan pertanian di sini.

Selain itu Pemkab Jayawijaya, menurut Bupati Jhon Banua, akan terus bekerja sama dengan Para Babinsa Kodim 1702/JWY dan Bahbinkamtibmas Polres Jayawijaya untuk terus memanfaatkan potensi lahan pertanian di Kabupaten Jayawijaya ini.

"Sehingga kedepan daerah ini dapat dijadikan tempat wisata kebun yang menarik,"haap Bupati Jhon Banua.

Panen raya kopi dan hipere dihadiri juga Dir Pam Obvitnas Polda Papua Kombes Pol Nico, Kadis Pertanian J.Hendri Tetelepta, Ketua LMA Jayawijaya Herman Doga, Kadishub Pardoamuan Harahap, Kepala Distrik walesi Daniel Yelipele, Ketua Kelompok Tani Yagara Yanuarius Lane dan Kepala Suku Yagara Markus Lane.

 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024