Jayapura (ANTARA) - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Informasi dan Informatika (Kominfo) akan membangun 2.765 menara seluler Base Tranceiver Station (BTS) 4G di Papua.

“Jumlah itu untuk seluruh Papua dan itu BTS 4G,” kata tenaga ahli BAKTI Kominfo, Zuhad Kurniawan kepada Antara, di Jayapura, Kamis.

Menurut dia, dalam pembangunan BTS 4G untuk wilayah Papua BAKTI dibantu dua mitra kerja yakni konsorsium dari Huwaei dan dari ZTE.

“Jadi dua mitra ini akan membangun BTS 4G di Papua dan Papua Barat,” ujarnya.

Dia menjelaskan untuk pembangunan BTS 4G dilakukan dalam beberapa fase dimana pada fase pertama pihaknya menargetkan 1.811 pada 2022

”Sisanya kami akan menunggu karena jika ada suatu daerah yang sudah ada signal pasti kami cari yang belum ada jaringan,” katanya lagi.

Dia menambahkan meski terdapat berbagai tantangan, pembangunan menara BTS 4G di Papua namun pihaknya akan mengerjakan hingga tuntas agar masyarakat bisa menikmati akses telekomunikasi dengan optimal.

"Kalau bisa itu dikerjakan sampai selesai, entah tahun ini atau tahun depan, tetapi harus sampai selesai supaya daerah-daerah blank spot di Bumi Cenderawsih,” ujarnya.


Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024