Biak (ANTARA) - Investor PT Indo Numfor Pasifik bersama Pemerintah Kabupaten Biak Numfor sedang menyiapkan ekspor ikan tuna ke negara tujuan Jepang dan Amerika di mana akan terealisasi pada Juni 2022.

Direktur PT Indo Numfor Pasifik Edy Suyatno di Biak, Senin, mengatakan untuk ekspor perdana ikan tuna dari Biak menjadi awal keterlibatan pihaknya dalam mendukung program pemerintah daerah di sektor perikanan.

"Semua proses perizinan usaha hingga operasional kegiatan sektor perikanan yang dilakukannya di Kabupaten Biak Numfor diberikan kemudahan," katanya.

Menurut Edy, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah dan Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap karena sudah menunjuk investor PT Indo Numfor Pasifik mengelola "cold storage" SKPT Biak yang menunjang kegiatan ekspor ikan tuna.

"Kami berharap pemerintah dapat juga membuka penerbangan internasional dari Bandara Frans Kaisiepo Biak dalam rangka mendukung kegiatan ekspor ikan ke negara tujuan Jepang dan Amerika," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya sementara waktu ini melakukan ekspor ikan menggunakan jasa angkutan kapal laut, di mana hal tersebut menjadi salah satu pilihan meski memakan waktu tempuh lama.

Sebelumnya, kunjungan KSP Moeldoko di Kabupaten Biak Numfor guna meninjau Sentra Kelautan Perikanan Terpadu, UPI Pelindo pelabuhan Biak dan melakukan tatap muka dengan Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap.

Tidak hanya itu, KSP Moeldoko juga bertatap muka dengan forkompinda, Pangkogabwilhan III Letjen TNI Nyoman Cantiasa, Pangkoopsud III Marsda TNI Samsul Rizal, Ketua DPRD Biak Milka Rumaropen dan tokoh adat bersama tokoh masyarakat di VIP room Base OPS Lanud Manuhua Biak.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024