Jayapura (ANTARA) - Koramil 1708-04/Supiori Selatan memberikan pelatihan Peraturan Baris Berbaris atau PBB kepada para siswa SMA Negeri 1 Korido di Desa Warbefondi, Distrik Supiori Selatan, Papua, Sabtu.

Babinsa Koramil 1708-04/Supiori Selatan Serma Randy Royke Uspessy dan Serka Nano Sawito dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Sabtu, mengatakan pelatihan PBB diawali dengan memberikan teori di dalam ruangan Kelas.

"Selanjutnya kami berikan praktek di lapangan dengan materi dasar PBB yang seperti tata cara penghormatan yang benar, sikap sempurna, lencang depan, lencang kanan, gerakan di tempat (hadap kanan, hadap kiri, balik kanan dan jalan di tempat)," katanya.

Menurut Serma Randy, tujuan diberikan pelatihan baris berbaris adalah untuk menanamkan jiwa disiplin dan taat kepada aturan.

"Serta membentuk karakter kepribadian siswa-siswi sebagai generasi penerus bangsa," ujarnya.

Dia menjelaskan latihan PBB juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa persatuan, tanggung jawab dan bermanfaat untuk melatih daya konsentrasi tiap murid tentang solidaritas sesama tim.

Dia menambahkan para siswa sangat antusias dengan pelatihan yang diberikan di mana mereka begitu memperhatikan dengan seksama apa yang dijelaskan oleh Babinsa.

"Dan mereka (siswa) senang dan bersemangat mengikuti gerakan yang dilatih," katanya lagi.

Sementara kepala Sekolah SMAN 1 Korido Silwanus Manufandu menyampaikan rasa terima kasih kepada babinsa yang telah melatih siswa di lembaga pendidikan tersebut.

"Semoga dengan adanya kegiatan Ini dapat memotivasi siswa agar lebih disiplin dalam giat sehari-hari di Sekolah," katanya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024